Iklan

December 3, 2019, 13:56 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

VaSung Tegaskan PIP Jangan Ada Pungli

Jurnal,Manado -Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang mewanti-wanti kepada tim pihak sekolah, guru ataupun komite untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) kepada orang tua atau wali murid dan siswa yang saat pembagian sedang berjalan beasiswa  Program Indonesia Pintar (PIP) oleh pemerintah di Sulawesi Utara.
Ia menegaskan, dunia pendidikan harus menjadi contoh penerapan integritas dan wilayah bebas praktik korupsi.

“Karena siswa adalah tunas harapan masa depan bangsa kita. Saya pikir pemerintah harus bergerak aktif mengawasi proses pembagian program tahunan Presiden Jokowi . Serta segera bertindak cepat dan tegas jika mendapat laporan dari warga tentang adanya pungutan liar di sekolah,” tegas VaSung dalam rilis yang diterima wartawan Selasa (03/12/19) di Manado

Legislator PDI Perjuangan dapil Sulut ini memastikan, lewat Komisi X DPR RI akan tetap berjuang untuk alokasi PIP di Sulawesi Utara yang sudah bergulir sejak 2017 untuk 20an ribu siswa bisa terasa hingga ke pelosok desa, VaSung juga mengharapkan agar pihak sekolah rajin mengirim data terkini ke Data Pokok Pendidikan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk siswa siswa yang layak dan berhak mendapatkan PIP.

“Karena praktek pungli untuk PIP sangsi hukumnya berat dan dunia pendidikan kita harus bersih, akuntabel, dan transparan,” tandas legislator dapil Sulut ini menambahkan.(hak)