Iklan

February 26, 2020, 14:31 WIB
Last Updated 2020-02-26T22:31:57Z
Manado

Pantau situasi Arus Lalin , Kapolda Sulut Turlap dan mengecek langsung Kehadiran Personel yang bertugas

Jurnal Manado - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M., memantau langsung situasi arus lalu lintas di sekitar Kota Manado sekaligus mengecek kehadiran personel yang bertugas di lapangan, Rabu (26/02/2020) pagi.

Diketahui, Kapolda mewajibkan seluruh personel dari masing-masing Satuan Kerja untuk melakukan pengaturan lalu lintas setiap hari Rabu. Para personel kemudian ditempatkan di ruas-ruas jalan protokol di Kota Manado.

“Kita membantu personel Polresta Manado untuk menjaga ketertiban, kelancaran lalu lintas di pagi hari,” ujarnya didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K., dan Kapolresta Manado, Kombes Pol Benny Bawensel, S.I.K., M.H.

Lanjut Kapolda, khusus untuk apel hari Rabu dilaksanakan di lapangan, bukan di Mapolda, mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 07.30 WITA.

“Nanti perwiranya atau seniornya yang keliling, mengecek (kehadiran anggota di lapangan). Setelah itu baru kembali ke Polda untuk apel per Satuan Kerja masing-masing,” jelasnya.

Menurut Kapolda, penugasan seperti ini juga bertujuan untuk lebih meningkatkan kehadiran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat.

Pengaturan arus lalu lintas ini, sambung Kapolda, diprioritaskan untuk membebaskan tiga jalur utama masuk-keluar Manado dari enam hambatan samping.

“Antara lain, putar arah sembarang tempat, berhenti sembarang tempat, menyeberang jalan sembarang tempat, pedagang kaki lima kalau ada, akses-akses jalan kecil, dan parkir sembarang tempat,” terang Kapolda.

Dalam pemantauan ini Kapolda juga mengimbau seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tertib berlalulintas.

“Untuk menambah keselamatan, pengendara sepeda motor harus memakai helm, pengemudi mobil memakai sabuk pengaman, ikuti semua aturan, marka jalan jangan disentuh, dan hati-hati saat akan mendahului kendaraan lain,” pungkasnya mengimbau. (Ipeh)