Header Ads

Universitas Bologna Italia Buka Kesempatan Beasiswa. Begini Cara Daftarnya

Jurnalmanado.com - Universitas Bologna (Unibo) Italia membuka kesempatan bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke jenjang strata 1 atau strata 2.

Unibo merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan pada 1088.

Bagi Anda yang tertarik dapat mendaftarkan diri pada program beasiswa S1 dan S2 di Unibo untuk Tahun Anggaran 2020/2021.

Adapun beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa asing.

Beasiswa S1-S2 Italia Unibo ini akan berlangsung selama 1 tahun.

Beasiswa diberikan untuk program Strata 1 (First Cycle atau Laurea), program Strata 2 (Second Cycle atau Laurea Magistrale) dan program Single Cycle-Combined Bachelor & Master (Laurea Magistrale a Ciclo Unico).


Cakupan Beasiswa

Beasiswa yang diberikan dalam program Unibo Actions 1 & 2 berupa:

Dana hibah studi senilai 11.000 euro atau sekitar Rp 166 juta untuk Unibo Action 2

Pembebasan uang kuliah untuk Unibo Action 1

Untuk informasi lebih lanjut seputar Unibo Action 1 dan Unibo Action 2 dapat disimak di sini.

Adapun dan hibah studi dan pembebasan uang kuliah ditetapkan berdasarkan tes SAT dan tes GRE, selama satu tahun akademik.

Jika Anda telah mengikuti tes TOLC di luar negeri, Anda dapat mencari informasi mengenai cara mengajukan keringanan biaya kuliah untuk Unibo Action 1.

Persyaratan

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di Unibo, simak persyaratan yang diajukan, antara lain:

Anda memiliki (atau akan memperoleh) kualifikasi yang valid untuk mengakses ke program gelar yang Anda pilih, yang dikeluarkan oleh Institusi di luar sistem pendidikan Italia.

Sementara itu, siswa yang memegang ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah Italia dan didirikan di luar Italia juga dapat mendaftarkan diri.

Dari syarat itu, nantinya peserta akan mengikuti salah satu tes berikut sebelum batas waktu pengumpulan:

 Jika Anda tertarik mendaftar dalam program gelar siklus pertama atau tunggal (First or Single Cycle Degree Programme), dapat mengikuti tes SAT.

Jika Anda tertarik mendaftar di program gelar siklus kedua (Second Cycle Degree Programme), dapat mengikuti tes GRE.

SAT dan GRE merupakan tes penilaian bakat dan ketrampilan yang dapat diambil di pusat-pusat resmi di beberapa negara di dunia.

Tes ini berlangsung dalam Bahasa Inggris. Anda harus mendaftar untuk melakukan tes di situs web lembaga pengelola.

Kemudian persyaratan lain yang perlu diperhatikan yakni pelamar berusia kurang dari 30 tahun setelah batas waktu panggilan permohonan beasiswa.

Masa Pendaftaran

Untuk masa pendaftaran bagi peserta yang tertarik dengan Unibo Actions 1 & 2 dengan tes SAT (untuk First Cycle dan Single Cycle-Combined Bachelor & Master Degree), aplikasi ditutup pada 30 April 2020 dan diumumkan hasilnya pada Mei 2020.

Sementara untuk peserta yang tertarik pada Unibo Actions 1 & 2 dengan tes GRE (untuk program Second Cycle/Master) pendaftaran ditutup pada 31 Maret 2020 dan diumumkan hasilnya pada April 2020.

Untuk informasi selengkapnya terkait proses aplikasi, dapat dilihat pada situs: https://www.unibo.it/en/services-and-opportunities/study-grants-and-subsidies/exemptions-and-incentives/unibo-actions-1-2-study-grants-and-tuition-fee-waivers-for-international-students

Dalam rangka menampilkan peran Indonesia, Dubes RI Roma berkunjung ke kampus Unibo dan menyampaikan keinginannya untuk mendorong kerja sama pendidikan di Indonesia kepada Rektor Unibo, Profesor Francesco Ubertini.

Adapun pertemuan tersebut dilakukan pada Maret 2018.

Saat ini Unibo memiliki lima kampus yang tersebar di wilayah Italia, seperi di Kota Bologna, Cesena, Forli, Ravenna dan Rimini.

Lima kampus ini menawarkan 221 program gelar yang terdiri dari 78 program internasional dan 62 program dalam Bahasa Inggris.

Hingga kini setidaknya Unibo memiliki sekitar 87.000 mahasiswa.

Diketahui, saat ini ada tujuh mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi master di Unibo dengan program studi psikologi, ekonomi dan manajemen, kesehatan, teknik elektro, ekonomi dan bisnis, bahasa dan sastra Italia.

Dengan demikian, harapannya kesempatan beasiswa ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi pelajar Indonesia terutama yang berminat dengan pembelajaran di Italia.(kps/jmc)

Diberdayakan oleh Blogger.