Header Ads

Pemprov Sediakan Anggaran 45 M Antisipasi Virus Corona

Jurnalmanado.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan bahwa Pemprov akan melakukan langkah - langkah strategis untuk menghadapi virus corona. Diantaranya persiapan dana yang direncanakan sebesar Rp. 45.000.000.000. Langkah itu akan diambil pemprov berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendageri) RI lewat pergeseran anggaran.

"Saat ini telah ada anggaran 3,5 miliar," terang Gubernur saat konfrensi pers di ruang rapat wakil gubernur, Sabtu (15/03/2020).

Menurut Gubernur, anggaran tersebut untuk menambah ruang isolasi yang saat ini baru 10 ruangan. Selain itu juga akan disediakan rumah singgah dan laboratorium.

"Ruang isolasi RSUP akan ditingkatkan menjadi 80 kamar. Lab juga akan segera disediakan jadi tidak menunggu dari pusat lagi. Pemprov akan sediakan rumah singgah seperti di Bapelkes," kata gubernur.

Ia juga mengakui saat ini ada pasien positif corona.

"Dua pasien sedang dalam penanganan dan ada 36 orang yang telah dilacak baik tempat tinggalnya kemudian sample darah telah dikirim ke pusat," jelasnya. Sembari mengatakan jika virus ini terus berkembang maka pemerintah akan mengambil tindakan lockdown dan sekolah - sekolah akan diliburkan.
Ditengah Menghadapi Serangan Virus Corona Siswa Harus Mengikuti Ujian

Menindaklanjuti instruksi gubernur maka 
1. *Semua satuan pendidikan SMA/MA/SMK/SMTK/SLB baik Negeri dan Swasta* yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Utara *DILIBURKAN* pada
tanggal 16-30 Maret 2020.

2. Pelaksanaan *UNBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal* dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam UNBK.

3. Untuk SMK/SMTK kelas X, XI, SMA/MA Kelas X, XI, XI, SLB Kelas I s/d XII  tetap belajar efektif melalui *Kelas Maya dalam aplikasi "Rumah Belajar"* yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud RI.

4. Kepala sekolah beserta guru agar mensosialisasikan instruksi ini kepada orang tua murid dan masyarakat.

Selanjutnya, pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) mengambil langkah cepat dan tepat dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik yang berawal dari lingkup kantor Gubernur Sulut.

Hadir dalam konfrensi pers, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Sekprov Edwin Silangen, Asisten 1 Edison Humiang, Kadis Infokom CH Talumepa, Kadis Kesehatan Debie Kalalo, Kadis Diknas Grace Punuh, Karo Umum Clay Dondokambey.(man)

Powered by Blogger.