Iklan

April 23, 2020, 06:46 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:53:55Z
Mitra

DPRD Gelar Paripurna Melalui Vicon

Jurnal,Mitra - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara, mengelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2019 lewat Video Confrens (Vicon).

Dimana rapat Paripurna tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Mitra Marty Ole didampingi Wakil Ketua Dewan Kathrin Mokodaser serta sejumlah anggota legislatif bersama pihak eksekutif yakni Wakil Bupati (Wabup) Jesaja J O Legi dan Sekertaris Daerah (Sekda) David Lalandos bersama Asisten Setdakab.

Dalam sambutan Bupati Mitra James Sumendap SH yang diwakilkan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Drs Jesaja J O Legi, memaparkan sejumlah laporan berdasarkan evaluasi dari RKPD 2019 untuk menyinkronkan kinerja di tahun 2020.

“Meski ditengah Pandemi Covid-19 yang terus menjalar, kita masih berkesempatan untuk bertemu dalam Rapat Paripurna terhormat ini. Untuk itu, ijinkan saya membacakan leporan LKPJ tahun anggaran 2019,”ujar Bupati yang diwakilkan oleh Wakil Bupati.

Adapun laporan tersebut, dimaksud sebagai kewajiban pemerintah daerah dalam terwujudnya transparansi dan akuntanbilitas, yang mengacu pada UU No 23 tahun 2014, tentang kewenangan pemerintah daerah yang mengatur azas otonomi sesuai dengan urusan kepemerintahan.

Disamping itu, dasar dari pelaksanaan yang mengacu pada peraturan pemerintah No 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi kepala daerah dalam LKPJ kepada DPRD dan informasi laporan penyelenggaran pemerintah daerah (ILPPD) kepada masyarakat.

Laporan tersebut, difokuskan pada capaian kinerja dan berbagai urusan pemerintahan daerah, yang nantinya bisa menjadi bahan refleksi dan evaluasi.

Dikatakan Legi, adapun urusan yang wajib dilaksanakan yakni urusan SKPD dan yang menjadi prioritas yakni dalam sektor perkembangan ekonomi yang ada di Kabupaten Mitra.

“Dalam penyampaian ini, pandangan fraksi yang ada, intinya sepakat untuk membahas laporan pertanggung jawaban (LKPJ) berdasarkan peraturan yang ada,” tukas Wabup.

Pihak eksekutif berharap, agar dalam pembahasan ini, semua kepala SKPD yang terkait dalam RANPERDA yang dimaksud, bisa proaktif dalam pembahasan laporan (LKPJ).

“Diharapakan kerjasama antara kepala SKPD untuk menyikapi penyampaian laporan yang dimaksud,” tandas Legi.

Ia juga berterimakasih atas kerjasama anggota legislatif yang terus mendukung program kerja pemerintah kabupaten (Pemka ) Mitra.

“Saya berterimakasih atas kesempatan dan dukungan yang diberikan pihak dewan yang terhormat selama ini. Kiranya hubungan ini, bisa terus berlanjut dalam membangun daerah kita, yang sangat membutuhkan peran serta para dewan mulai dari ketua, wakil dan segenap anggota dewan yang ada,” pungkas JL.

Di penghujung Paripurna, Ketua DPRD Mitra Marty Ole mengatakan sangat mengapresiasi atas laporan yang sangat transparansi seperti yang disampaikan tadi.

“Berdasarkan laporan tersebut selaku Ketua DPRD Mitra bersama Wakil dan Anggota Legislatif yang hadir sangat mengapresiasi dalam hal ini Bupati Mitra yang diwakilkan langsung oleh Wabup, yang sudah memaparkan laporan kerja yang dimaksud untuk dibahas dalam paripurna lanjutan,” tutup Ole. (hak)