Iklan

May 13, 2020, 14:12 WIB
Last Updated 2020-05-13T21:12:48Z
Manado

Cegah PHK Massal , Walikota Putuskan Jam Operasional Usaha Retail 09.00 hingga 21.00

Jurnal Manado - Pemerintah Kota Manado, akan mengeluarkan maklumat sehubungan dengan menyiapkan protokol kesehatan bagi usaha ritel moderen di Kota Manado. Agar menjadi pedoman dalam menerapkan secara disiplin dan ketat bagi karyawan dan pengunjung secara ketat dijam operasional usaha guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Hal ini terungkap dalam vicon wali kota bersama sejumlah perwakilan retail rapat lewat Vicon bersama jajaran instansi terkait Pemkot Manado, Rabu (13/05)

“Setelah mendengar beberapa opsi yang diusulkan, saya memutuskan untuk jam operasional usaha retail di Kota Manado mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 Wita (jam 9 malam),” kata Walikota dalam rapat vicon tersebut.

Keputusan yang akan diberlakukan mulai Kamis (14/05), besok itu diterima semua pewakilan retail yang hadir, diantaranya Fresh Mart, Galaxy Mart, Multimart, Smart Store, Golden Swalayan, Transmart, Lotte Mart, Alfamart, Indomaret, Paniki Jaya, Fiesta Ria, Alfamidi, Jumbo Swalayan, Indogrosir dan Hypermart.

Kebijakan Walikota ini untuk mencegah terjadinya PHK massal akibat penutupan usaha dan menjaga usaha ekonomi tetap berjalan dengan baik di Kota Manado termasuk menopang keseimbangan ekonomi Nasional.

“Jadi jam operasional ini berlangsung sampai masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei nanti sambil melihat perkembangan jika terjadi penambahan korban pasien Covid-19 di Manado, saya akan undang untuk diskusi kembali,” tutup Lumentut.

Hadir dalam rapat vicon tersebut, Asisten II Setda Kota Manado, Philips Sondakh, Kadis PM dan PTSP, Jimmy Rotinsulu, Kadis Disnaker Kota Manado, Donald Supit, Kaban Bapenda, Harke Tulenan, Inspektur Kota Manado, Atto Bulo, Kasatpol PP Kota Manado, Johanis Waworuntu, Jubir Gugus Tugas Covid-19, drg. Sanil Marentek, Kabag Pem-Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang, juga dari DPD Aprindo Sulut, Ketua Andy Sumual, Wakil, Renaldo Tuwongkosong dan sekretaris, Robert Najoan serta bendahara, Rantung. (Ipeh)