Iklan

June 11, 2020, 17:02 WIB
Last Updated 2020-06-12T00:02:59Z
Manado

Pemkot Manado Kembali Gagas Event Manado Vista Dengan Cara Berbeda dan Bakal Jadi Percontohan

Jurnal Manado - Pemerintah Kota Manado, kembali menggagas event Manado Fiesta 2020 namun dengan cara yang berbeda yaitu secara virtual. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan destinasi wisata daerah itu di tengah pandemi covid-19, dan juga sebagai ruang ekspresi kreatif. Event ini diselenggarakan sejak tahun 2017, Manado Fiesta masuk dalam 100 Calender Of Wonderful Indonesia Event 2020 yang diresmikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu.

Dalam pertemuan yang dipimpin Walikota, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH,M.Si, DEA, melalui zoom meeting, Kamis (11/06) bersama Ketua Panitia Manado Fiesta 2020, Coreta Kapojos. Dimasa pandemi yang saat ini, Manado Fiesta diselenggarakan dalam format virtual dengan tidak mengurangi esensi utama kegiatan yang memberikan tontonan dan tuntunan bagi masyarakat dan menjadi ajang kreativitas para pelaku kreatif di Bumi Nyiur Melambai ini.
“ Manado Fiesta 2020 nantinya akan menjadi festival virtual pertama dan diharapkan dapat menjadi pemantik dalam upaya mensosialisasikan protokol pariwisata covid-19 yang diterapkan guna kepentingan industri pariwisata juga merupakan langkah persiapan menuju era normal baru di dunia pariwisata Indonesia seperti harapan Presiden RI Joko Widodo,” ujar Walikota.

Sehingga dalam pertemuan tersebut, Walikota mengarahkan agar persiapan Manado Fiesta Virtual tersebut, agar dikonsepkan dengan baik dan matang segala persiapannya termasuk menyurati Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan mengundang Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna melaunching Manado Fiesta Virtual 2020.

“ Ini perlu mendapat dukungan kita semua, karena Manado Fiesta Virtual 2020 ini, menjadi kalender pariwisata virtual pertama di Indonesia. Yang membanggakan lagi, kita mendapat respon dan dukungan positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif termasuk Webinar Pariwisata kota Manado mendapat perhatian peserta, bukan hanya dari dalam negeri namun juga dari beberapa negara diantaranya Amerika dan Cina ,” ucap Walikota kembali.

Sementara itu, Ketua Panitia Manado Fiesta Virtual 2020, menyampaikan sesuai dengan jadwal event tersebut, Manado Fiesta Virtual sesi pertama akan diselenggarakan pada 18 Mei – 30 Juli 2020, dan dapat diakses secara digital melalui : www.manado-fiesta.com ; akun FB, IG, YouTube dengan alamat : @manadofiestaofficial dan Spotify : @manadofiestapodcast.

“ Selain mengedukasi masyarakat lewat Manado Fiesta Peduli covid-19, event ini juga tetap kita membranding Manado Fiesta sebagai upaya kita terus mempromosikan pariwisata,” ujarnya.
Hadir mengikuti zoom meeting tersebut, Kadis Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu, Kadis Kominfo Kota Manado, Erwin Kontu, Kabag Pem-Humas Kota Manado, Sonny M.Takumansang serta jajaran pejabat Eselon III di Dinas Pariwisata Kota Manado. (*man)