Header Ads

Gelar Paripurna HUT ke - 397 DPRD Kota Manado Terapkan Protokol Kesehatan

Jurnal Manado - merayakan HUT Kota Manado di tengah pandemi, dimana prosesi sidang paripurna harus mengedepankan protokol kesehatan saat perayaan di gedung serbaguna Kota Manado, Selasa (14/07/2020), terasa sangat berbeda. Dimana ruang gedung itu sendiri diatur dengan memperhatikan psychal distance, tempat duduk dan mejanya berjarak. Jumlah orang yang hadir juga sengaja diminimalisir. Tamu lainnya hanya  lewat daring virtual atau mengikuti via live streaming.

Rapat yang dilaksanakan secara online lewat video conference (Vidcon) tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Manado Dra. Aaltje Dondokambey M.Kes, Apt.

Adapun tema HUT ke-397 Kota Manado kali ini adalah ‘Bersama Torang Bisa’.

Dalam sambutannya, Aaltje mengatakan perayaan HUT Kota Manado kali ini berbeda.

Perayaan sukacita tahun ini terasa berbeda dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Aaltje.

Dikatakannya hal ini disebabkan pandemi Covid-19 yang secara global melanda dunia.

Kata Aaltje, Kota Manado yang terletak di ujung utara Nusantara merupakan pintu gerbang Sulawesi Utara dan kawasan timur Indonesi serta Asia Pasifik.

“Sebagai pintu gerbang, Kota Manado terhubung dengan 19 kota di Indonesia dan 13 kota di Asia,” jelasnya.

Terakhir Aaltje mengajak agar perayaan ini menjadi momentum untuk menghargai jasa para pahlawan lewat kehidupan sehari-hari.

“Sitou timou tumotou, torang samua ciptaan Tuhan, baku-baku bae, baku-baku bantu, baku-baku sayang karena torang samua basudara,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Micler CS Lakat SH MH menghadiri sidang paripurna istimewa di ruang paripurna DPRD Kota Manado, mewakili Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.

”Kita bersyukur boleh merayakan HUT kota ke -397 tahun, meskipun hanya melalui upacara virtual,” kata Lakat.

Dalam sidang paripurna tersebut, Sekda mengapresiasi kerjasama antara legislatif dan eksekutif dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

”Terima kasih atas kerjasama serta dukungan, di momen HUT kota Manado ini, mari bersama kita bergotong royong memutus mata rantai penyebaran Covid 19, ” ajak Sekda.


Rapat paripurna ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD kota Manado, Wali Kota Manado, Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten 1 Sekda Provinsi Sulawesi Utara, Forkompinda kota Manado, Konsulat Jenderal Philippina, SKPD, Camat dan Lurah di kota Manado, Media Massa, serta para tamu dan undangan.(***)





Diberdayakan oleh Blogger.