Iklan

August 17, 2020, 23:51 WIB
Last Updated 2020-08-18T06:51:15Z
Advetorial

Dibalik HUT RI ke - 75

Jurnal Manado - Usai upacara kenaikan bendera dalam rangka HUT dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dana pemerintah pusat senilai Rp 1 triliun dalam rangka pemulihan ekonomi melalui Bank SulutGo. Tak hanya itu, Pemprov Sulut melalui Biro Kesra memberikan bantuan dana kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sebesar Rp 300 juta dengan rincian Rp 500 ribu/orang untuk 600 anggota LVRI Sulut. Adapun pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima uang kertas baru pecahan Rp75.000 edisi khusus HUT ke-75 Kemerdekaan RI dari Kepala BI perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat di Gubernuran Bumi Beringin Manado, Senin (17/8/2020).

Peresmian uang kertas pecahan Rp75 ribu turut dihadiri jajaran Forkopimda Sulut.

Selanjutnya Wagub Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan secara simbolis remisi kepada 1.407 warga binaan atau narapidana di Graha Gubernuran. Pemberian remisi ini dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) yang dilakukan secara serentak Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI di seluruh Indonesia.

“Ini bentuk kepedulian kepada putra putri bangsa yang ada di mana saja. Pemberian remisi ini menunjukkan negara selalu hadir pada siapapun,” ungkap Wagub Kandouw.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan jajaran Forkopimda juga mengikuti prosesi upacara virtual pengibaran dan penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-75 RI yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta.


Upacara penurunan bendera berjalan lancar. Tim Paskibraka terdiri dari tiga anggota pengibar bendera pusaka mampu menjalankan tugasnya dengan baik.


Setelah sukses melaksanakan upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada pagi hari, Pemprov Sulut kembali menggelar upacara penurunan bendera sang merah putih pada Senin (17/8/2020) petang di Lapangan Kantor Gubernur.


Tepat pukul 17.00 Wita Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi.


Adapun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara penurunan bendera yaitu, bertindak sebagai pembentang bendera Andre Alfa Kandou dari SMA 2 Ratahan, penggerek Algufransyah Dede dari MA Negeri 1 Kotamobagu dan pembawa bendera Salsabilla Maheswari Putri dari SMA Negeri 1 Manado.

Menariknya, usai upacara, Gubernur Olly bersama Ketua TP PKK Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menyempatkan diri melihat sejumlah lukisan yang dipamerkan di lobi Kantor Gubernur.

Upacara penurunan bendera HUT ke-75  RI turut diikuti jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Wakil Ketua TP-PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (adv)