Iklan

September 3, 2020, 20:00 WIB
Last Updated 2020-09-04T03:13:07Z
Nasional

Pemkot Bitung Serahkan Aset Terminal Tangkoko Kepada Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI


Jurnal Manado - Hari ini Jumat (04/09/2020) Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Prov. Sulut melakukan penandatanganan perjanjian antara Pemerintah Kota Bitung dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terkait pelimpahan dan Penyerahan Barang Milik Daerah dari  Pemerintah Kota Bitung ke Dirjen Perhubungan Darat dalam rangka pelayanan UU No. 23 Tahun 2014 skaligus dirangkaikan dengan penyerahan hadiah MURAL dalam rangka HUT RI ke - 75, bertempat di Terminal Tipe A Tangkoko, Bitung.

Hadir dalam kegiatan Sekretaris Jenderal Perhubungan Darat Ir. Imran Rasyd, MBA, Sekretaris Kota Bitung, Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sulut Lynda Watania, Kepala BPTD Wilayah XXII Renhard Ronald, S. SiT, MT.


Sebelum penandatanganan, Kepala Balai Perhubungan Darat Wilayah XXII Renhard Ronald, S. SiT, MT, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI yang bersedia hadir pada kegiatan serah terima aset dan penyerahan hadiah mural bagi pemenang. Ia juga menyampaikan bahwa terminal tipe A Tangkoko, Bitung merupakan terminal yang diharapkan menjadi seperti bandara dan terminal kereta api.


"Nantinya terminal ini tidak akan ada preman, calo dan copet dan pedagang asongan," janji Reinhard. Sembari berharap masyarakat akan lebih mencintai terminal dan menggunakan transportasi darat karena moto kami "Terminal Bukan Kriminal".


Selain itu juga, Reinhard mengatakan bahwa pada kesempatan ini juga akan penyerahan hadiah mural.


"Lomba mural ini juga memotivasi para pecinta seni untuk terus berkreasi dan sebagai tanda bahwa pemerintah hadir bersama masyarakat,"katanya.

Sementara Sekjen Perhubungan Ir. Imran Rasyd, MBA dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemkot Bitung karena telah melaksanakan UU yang diamanat kepada Perhubungan. Selain itu juga Rasyd memberikan apresiasi kepada Kepala Balai Sulut yang terus melakukan terobosan dan menjalankan tugas yang sangat berat. 


"Tahun depan juga akan lebih berat tugas dan tanggingjawab pak Reinhard selain anggaran yang lebih besar banyak juga tugas tugas yang akan diemban. Semoga Pak Reinhard selalu kuat," harap Rasyd.


Pada kesempatan tersebut, Rasyd memberikan informasi bahwa total terminal tipe A diindonesia yang dialihkan ke kementrian sebanyak 154, diantaranya 89 teregistrasi dan 9 pengalihan aset dan belum peralihan 45. 


"Ketika diserahkan ke pusat sehingga anggarannya dikucurkan dari pusat, 

kami harapkan dukungan dari pemkot bitung dan bisa mendorong program pariwisata,"pungkasnya.


Usai itu kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan penyerahan aset dan dilanjutkan dengan pemutaran video terminal tipe A.(man)