Header Ads

Soal ODSK, Ini Yang Dikatakan Mantan Wagub Sulut


Jurnal Manado - Mantan Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd angkat bicara tentang bagaimana cara Olly Dondokambey memimpin Sulawesi Utara sebagai Gubernur bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw
“Bapak Olly Dondokambey adalah sosok yang sudah sangat dikenal di bumi Nyiur Melambai jauh sebelum memimpin Sulawesi Utara sebagai Gubernur. Beliau adalah salah satu sosok politikus handal yang dimiliki Sulawesi Utara. sosok yang bersahaja, rendah hati, pekerja keras, ulet, penuh semangat, pemikir yang kreatif, taktis, jeli dan peduli terhadap pembangunan dan kemajuan daerah Sulawesi Utara secara keseluruhan. Beliau adalah sosok pemimpin yang lebih mengedepankan kerja dan hasilnya untuk membawa sulut menjadi lebih maju dan berkembang,” ungkapnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kurun waktu kurang dari lima tahun kepemimpinan ODSK Provinsi Sulawesi Utara telah mengalami kemajuan-kemajuan secara signifikan di berbagai bidang. “Kita dapat melihat dan merasakan adanya kemajuan di bidang ekonomi, di bidang pemerintahan, kemasyarakatan, pariwisata, perkebunan, pertanian, dan perdagangan, pembangunan infrastruktur yang sangat cepat, pengembangan dan penguatan kualitas sumber daya manusia Sulawesi Utara melalui pembangunan dan pengelolaan pendidikan serta pelatihan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan bisa berkompetisi serta menyiapkan tenaga kerja yang unggul.
Bapak Olly Dondokambey sangat memberi perhatian terhadap penguatan Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Utara dengan memberikan bantuan untuk pengembangannya. Pembangunan layanan kesehatan, penyediaan fasilitas, pembangunan sarana dan prasarananya termasuk rumah sakit umum daerah terus dilakukan agar semakin baik dan berkualitas agar seluruh masyarakat Sulawesi Utara dapat terlayani tanpa kecuali,” papar Wagub Sulut periode 2010-2015 ini.

Gubernur Olly Dondokambey juga dinilai berhasil mengajak masuk beberapa investor baik dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di Sulawesi Utara. Tentu hal tersebut semakin membuka peluang kerja bagi masyarakat. Program-program pembangunan sangat konsen memberi perhatian pada masyarakat kurang mampu dan berupaya menurunkan angka kemiskinan di bumi nyiur melambai. Percepatan penyelesaian pembangunan jalan tol, Bandara Sam Ratulangi, KEK dan IHP Pelabuhan di Bitung, KEK Pariwisata di Likupang, Bendungan Kuwil dan lain-lainnya. “Masih banyak sudah dikerjakan dan yang sudah disetujui pemerintah pusat, semakin memposisikan Sulawesi Utara sebagai daerah yang konsisten mengalami kemajuan yang tentu bisa berdampak pada posisi tawar yang menguntungkan bagi Sulawesi Utara dan disegani oleh daerah lain bahkan dunia,” urainya.
Keberhasilan dan kesuksesan Olly Dondokambey sebagai Gubernur Sulawesi Utara bersama wakilnya Steven Kandouw dalam memajukan bumi Nyiur Melambai selama ini tak terlepas juga dari beberapa hal. “Di antaranya sebagai berikut, yaitu secara konsisten selalu terjaga kekompakan, solid dan keharmonisan antara Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya disertai dengan dukungan aparatnya yang juga kompak dan solid mewujudkan target kerja Beliau berdua.
Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow serta jajarannya mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemeritahan di Sulawesi Utara. Yang ketiga, Forkopimda Sulawesi Utara menunjukkan kekompokannya di bawah kepemimpinan ketuanya yakni Bapak Olly Dondokambey dalam kapasitas sebagai gubernur.
Pemerintahan Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow secara nyata mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Sulut tetap kondusif, aman dan nyaman bagi siapa saja;
Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow dalam menjalankan dan melaksanakan pembangunan mampu membangun kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh-tokoh agama, berbagai komunitas, serta adanya keterlibatan investor secara proporsional,” urainya.
ODSK, bagi Kansil, mampu mengimplementasikan visi dan misinya secara konkrit, bergerak cepat melalui kegiatan-kegiatan yang jelas dan terencana. “Dan
kepemimpinan Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow juga mampu membangun komunikasi yang baik dan jaringan yang kuat dengan Pusat Pemerintahan. Bapak Olly Dondokambey memiliki kemampuan melobi yang handal sehingga sangat menguntungkan Sulawesi Utara untuk kepentingan pembangunan di berbagai bidang.
Model pembangunan yang berhasil dan tuntas adalah pembangunan yang berkelanjutan.
Semoga Bapak Olly Dondokambey dan Bapak Steven Kandow senantiasa diberkati dan dikuatkan dalam memimpin Sulawesi Utara, Amin,” kuncinya.(tim)
Diberdayakan oleh Blogger.