Header Ads

Kuasai Materi Debat. Closing Statemen ODSK Berkelas


Jurnal Manado - Debat publik pertama Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2020 yang dihelat KPU Sulut di Makatete Hills, Kamis (05/11), memperlihatkan keunggulan calon petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK), terutama dalam penguasaan materi debat.

Debat yang dipandu moderator Reidy Sumual, mengangkat topik bahasan "Kesehatan Masyarakat , Pencegahan Bencana Alam, Pengembangan Wilayah, Infrastruktur Daerah dan Penanganan COVID 19."

Materi yang banyak bermuara terkait kebijakan di masa pandemi, dibeber ODSK dengan lancar. Apalagi sebagai petahana, kebijakan yang dilakukan ODSK sudah terlaksana dengan baik dan mendapat pengakuan terkait penanganan Covid-19 di Sulut.

"Kami bukan baru rencana. Sejak Maret kami sudah lakukan, dan Sulut termasuk yang tercepat dalam antisipasi penanganan Covid-19 dengan memasifkan 3 T yakni testing (spesimen), tracing (penelusuran), dan treatment (perawatan)," ungkap Olly bahwa bersama Steven, pihaknya bukan lagi sekadar berjanji tapi sudah melakukan.  dengan melakukan refocusing anggaran secara akuntabilitas.

Pertanyaan-pertanyaan paslon 1 (CEP-SSL) dan 2 (VAP-HR) dijawab ODSK dengan lugas dan komprehensif. Bahkan jawaban ODSK kerap tegas dan sangat meyakinkan. Seperti halnya pertanyaan paslon nomor 2, yang mempertanyakan soal kelanjutan hubport.

"Penetapan Bitung dengan hubportnya sudah menjadi komitmen Olly-Steven. Tahun depan jalan itu !," tegas Olly singkat namun sangat meyakinkan. Di sisi lain, pertanyaan ODSK ke paslon lainnya menyangkut konsep pengembangan wilayah dan transformasi digital, tidak bisa dijawab dengan komphrehensif.

Bahkan soal transformasi digital yang ditanyakan, seakan dilupakan, sehingga durasi waktu yang dimiliki dua paslon habis.

Dari lima segmen debat, ODSK dibilai unggul jauh dibandingkan paslon lainnya. Bahkan di sesi penutup atau closing statemen yang diwakili Cawagub Steven Kandouw, pernyataan duet petahana terlihat berkelas.

"Ada kata bijak mengatakan If you want to change the world, start off by making your bed. Kalau Anda ingin mengubah dunia, mulailah dari membenahi tempat tidur Anda,," kata Kandouw.

Dia juga mengangkat ayat Alkitab yang terdapat Lukas 16:10. Orang yang jujur pada hal-hal kecil, akan jujur pada hal-hal besar. Pemimpin Sulut harus memberi keteladanan," ungkap Kandouw penuh makna.

Sedangkan di kalimat penutup akhir, Kandouw mengajak pemilih agar mencoblos nomor 3 Olly-Steven di Pilkada 9 Desember nanti.

"Kalau kita di Sulut mau ada perubahan pembangunan (lebih hebat ke depan), penciptaan lapangan pekerjaan, pengurangan kemiskinan, mari sama-sama coblos nomor 3 Olly-Steven," katanya sembari mengucapkan terima kasih kepada KPU Sulut dan Bawaslu serta masyarakat Sulut. (**)


Diberdayakan oleh Blogger.