Herwyn Malonda:Bawaslu Awasi Bansos, Data Pemilih Hingga ke Hak Suara Disabilitas dan Pasien Covid


JurnalManado- Ketua Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda mengatakan, masa akhir kampanye,mamasuki masa tenang pasangan calon kepala daerah di Provinsi Sulawesi Utara Bawaslu akan melakukan patroli,serta melakukan pengawasan untuk mencegahan politik uang atau money politic pada saat masa tenang ini.


"Kami akan melakukan patroli untuk melakukan pencegahan dan pengawasan di saat masa tenang saat ini.Akhir kampanye banyak potensi masalah yang bakal terjadi seperti politik uang termasuk bantuan sosial yang diberikan kapada masyarakat akan di kontrol.


 Bawaslu telah memberikan surat pemberitahuan kepada kepala daerah dan pasangan calon (paslon) terkait penyerahan bantuan diharapkan diberikan kepada masyarakat di atas tanggal 10 Desember.


Agar, kondisi di masa tenang tidak akan terjadi gesekan atau konflik di masyarakat. Disamping pilkada menggunakan protokol kesehatan. Bawaslu juga melindungi hak suara dari masyarakat yang tidak dapat memberikan hak suara karena tidak mempunyai KTP elektronik:" tegas Malonda kepada JurnalManado.com Sabtu (5//12/2020).


 Disamping itu pula,Bawaslu minta kepada KPU terkait pendataan pemilih data harus valid,akurat serta transparan.


Selain itu Bawaslu akan mengawasi pemilih disabilitas terkait fasilitasnya serta pemilih yang kenak.covid 19 yang ada di rumah sakit. 


Serta, DPT masyarakat yang ada di lembaga pemasyarakatan,Bawaslu akan berkoordinasi dengan satgas covid serta pihak rumah sakit.(tino)

Diberdayakan oleh Blogger.