BRI Wilayah Cabang Manado Target Selamatkan UMKM


Jurnal Manado - Pimpinan Wilayah BRI Rudi Andimono mengakui ditengah pandemi virus covid - 19 kondisi saat ini sangat sulit begitupun dunia perbankan. Apaladi dengan diterapkannya Work From Home dan pembatasan jam bagi pelaku usaha bahkan sampai penutupan tempat usaha tertentu guna mengatasi penyebaran virus corona. Hal ini berdampak pada pendapatan berkurang sehingga debitur khusus BRI juga kesulitan.

"Kami kesulitan tapi melihat kondisi ini kita tetap harus melakukan upaya - upaya terutama dalam  penyelamatan dan recovery untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kita juga harus pikirkan 4000 karyawan yang tersebar di BRI Wilayah," terang Rudi, Rabu (6/01/2021).


Lanjut Rudi, langkah restrukturisasi kredit menjadi salah satu upaya nyata Bank BRI terhadap penyelamatan UMKM yang terkena dampak pandemi corona. Sejak 16 Maret hingga 6 Juli 2020, Bank BRI telah merestrukturisasi kredit pelaku usaha yang terdampak Covid-19 sebanyak 39ribu debitur.

"Ada yang diberikan perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran; dan/atau. Pemberian masa tenggang (grace period) untuk pembayaran utang pokok atau bunga. Semua kita sesuaikan kondisi cash flow dari debitur. Ini semata - mata untuk memyelamatkan UMKM," tegasnya. 

Iapun berharap agar di 2021 debitur bisa bangkit dan pembayarannya bisa normal kembali.

"Untuk 2021 bantuan KUR sudah di launching oleh presiden. Intinya kami siap menyalurkan dan maksimalkan, ada 1 kantor wilayah, 18 kantor cabang, ada 17 kantor cabang pembantu dan 200 unit tersebar di 4 provinsi siap menyalurkan bantuan," pungkasnya.

Hadir mendampingi Pinwil, WPO Dhanardono, WPB Redi Hartono, Vice Presiden RRM  Cahyo Widyatmoko.(man)


Diberdayakan oleh Blogger.