Iklan

17 Februari 2021, 04:36 WIB
Last Updated 2021-02-17T12:36:33Z
TomohonUtama

Besok JR Jabat Walikota Tomohon


Jurnal Manado - Guna mengisi kekosongan roda pemerintahan Kota Tomohon, dimana masa Walikota Jimmy F Eman dan Wakil Walikota Syerli Adelin Sompotan berakhir, maka Mendagri melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE mempercayakan Jemmy Ringkuangan menjabat Plh Walikota Tomohon hingga dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota Terpilih, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (Caroll-Wenny).


Penunjukan Jemmy Ringkuangan sebagai Plh Walikota Tomohon disampaikan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw di Kantor Gubernur, Rabu (16/02/2021).


Jemmy Ringkuangan saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut).


“Pak Karo Jemmy Ringkuangan ditugaskan sebagai Plh Walikota Tomohon,” kata Wagub Kandouw.


Wagub Kandouw menjelaskan, sebanyak lima daerah yang kepala daerahnya sudah habis masa jabatan yakni Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Utara (Minut), Bolmong Selatan (Bolsel), Bolmong Timur (Boltim) dan Kota Tomohon.


“Untuk mengisi kekosongan lima daerah ini ditugaskan pejabat dengan status Pelaksana Tugas (Plt) dan Pelaksana Harian (Plh),” ujar Wagub Kandouw.


Sementara untuk Kota Tomohon, tambah Wagub Kandouw, pengisian pejabat pelaksana harian diambil dari pejabat Pemprov Sulut, karena status Sekkot Tomohon masih Plt.


“Untuk empat daerah lainnya yakni Minsel, Minut, Bolsel dan Boltim sekda setempat yang mengisi sementara jabatan kepala daerah,” urai Wagub Kandouw.


Sedangkan pelantikan untuk kepala daerah terpilih dari lima daerah tersebut akan berlangsung pada 26 Februari 2021.


“Kecuali untuk Manado dan Bitung yang masa jabatan kepala daerahnya nanti berakhir di atas bulan Februari,” kata Wagub Kandouw seraya menambahkan bahwa penunjukkan Plh dan Plt bupati/wali kota pada lima daerah tersebut melalui radiogram.(*man)