Iklan

9 Februari 2021, 00:15 WIB
Last Updated 2021-02-09T08:15:30Z
Politik

Herwyn Malonda Beber Sejumlah Keberhasilan Bawaslu Pasca Pilgub


JurnalManado - Ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) Doktor Herwyn Malonda beber keberhasilan Bawaslu pasca pilkada gubernur dan wakil gubernur 2020.


Kepada peserta sosialisasi yang bertajuk keberhasilan Bawaslu Sulut pada pilkada gubernur dan wakil gubernur 2020.


Malonda mengatakan, ada beberapa kasus yang didapati oleh Bawaslu Sulut pada pilkada yang lalu yang direkomendasi Bawaslu ke Komisi ASN.


 Rekomendasi Bawaslu yang baru di jawab Komisi ASN yang sudah di jawab oleh Komisi ASN kepada Bawaslu Sulut ada 56 terkait pelanggaran beberapa waktu lalu.


Malonda juga mengakui,ada dua penyelenggara Bawaslu Kabupaten/Kota yang di pecat oleh DKPP. Dan pemecatan itu tidak terkait dengan bidang tugas yang diemban Bawaslu.


"Kami Bawaslu telah menjalankan tugas dan fungsi sebagai pengawas dalam penyelenggaraan pilkada gubernur dan wakil gubernur Sulut Desember lalu,"tegas Malonda kepada JurnalManado.com usai kegiatan sosialisasi Selasa (9/2/2021).


Sementara itu, Pembicaraan lainnya Ketua IJTI Amanda Komaling serta Ketua PWI Sulut Vokke Lontaan  membawakan Matari terkait peranan Pers terkait evaluasi pilgub. (tino).