Iklan

April 24, 2021, 07:56 WIB
Last Updated 2021-04-24T14:56:43Z
Bitung

Benda Sejenis Granat Mortir Ditemukan Anggota Koramil 1310/Bitung Dikelurahan Binuang


Jurnal Bitung - Ditemukan benda menyerupai granat mortir di Pantai Aerbajo Kel. Binuang Kec. Lembeh Utara Kota Bitung sekitar pukul 08.00 Wita pagi dikelurahan Binuang kec. Lembeh Utara Kota Bitung, Sabtu (24/4/2021).

Pasalnya Granat yang menyerupai Mortir tersebut ditemukan oleh seorang petani (46) Yuspriato Sensor, dengan alamat Makawidey Ling. III Kec. Aertembaga kota Bitung pada pukul 07.00 Wita. Yang pada awalnya YS berangkat dari pantai Kambahu Kel. Makawidey Kec. Aertembaga Ingin melihat Kebun kelapanya dengan menyeberang menggunakan Perahu sampan di kel. Binuang kec. Lembeh Utara.

Sekitar Pukul 08.00 Wita, Sdr. Yusprianto Sengsor tiba di Pantai Aerbajo Kel. Binuang Kec. Lembeh Utara, namun pada saat hendak akan turun ke pantai Sdr. Yusprianto Sengsor melihat sebuah benda yang diduga adalah sebuah granat mortir.

"Saya langsung mendekati benda tersebut dan mengamankan serta membawa ke gubuk di kebun milik saya," kata Yusprianto.

Diduga sebuah mortir Yusprianto Sensor segera menghubungi Plh. Danramil 1310-02/Lembeh Kodim 1310/Bitung (Peltu Edyzon Kasenda) dan memberitahukan bahwa telah menemukan sebuah benda serupa granat mortir di Pantai Aerbajo Kel. Binuang Kec. Lembeh Utara. 

Pukul 11.10 Wita, Plh Danramil 1310-02/ Lembeh Peltu Edyzon Kasenda) menghubungi Babinsa Kel. Binuang Sertu Ridwan Lahabu dan Perwira Jaga Koramil Serma Eben Heser serta memerintahkan untuk menuju ke lokasi di temukannya sebuah benda yang diduga granat mortir. 

Babinsa Kel. Binuang Sertu Ridwan Lahabu dan Perwira Jaga Koramil 1310-02/Lembeh Serma Eben Heser menuju lokasi penemuan.

Setiba di lokasi penemuan sebuah benda granat mortir Babinsa Kel. Binuang Sertu Ridwan Lahabu dan Perwira Jaga Koramil 1310-02/Lembeh Serma Eben Heser langsung menemui Sdr. Yusprianto Sengsor dan mengumpulkan keterangan. 

"Kami mengamankan sebuah benda granat mortir dari seorang petani dan membawanya ke Kantor Koramil 1310-02/Lembeh," pungkas Serma  Eben.

Benda tersebut diamankan di kantor Koramil 1310-02/Lembeh, selanjutnya Babinsa Kel. Binuang Sertu Ridwan Lahabu meminta petunjuk kepada Plh. Danramil 1310-02/Lembeh untuk tindakan selanjutnya. 

Adapun sebuah benda serupa granat mortir yang ditemukan berukuran Panjang kurang lebih 4 Cm, berdiameter kurang lebih 25 Cm, dengan berat kurang lebih 30 Kg.

"Kondisi masih terlihat baik namun pada bagian ekornya sudah dalam keadaan berkarat," terang Sertu Lahabu.

Saat dikonfirmasi, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, S.E., M.Han., mengatakan terkait penemuan tersebut, Sampai saat ini sebuah benda granat mortir sudah diamankan di Ruang Piket jaga Koramil 1310-02/Lembeh. 

"Sebuah benda granat mortir tersebut belum diketahui jenis dan  asalnya. Namun saya memerintahkan anggota saya agar  benda tersebut jangan dimainkan dan segera hubungi Denpal dan Interem 131/Stg untuk proses selanjutnya," terang Dandim. (Tam)