Iklan

April 19, 2021, 16:43 WIB
Last Updated 2021-04-19T23:43:13Z
Advetorial

DPRD Sulut, Gelar Paripurna Penutupan Masa Sidang l Tahun 2021 dan Laporan Kinerja AKD, Pembukaan Masa Sidang ll, Penyampaian Laporan Hasil Reses l Tahun 2021


JurnalManado - Badan Musyawarah (Banmus), Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah mengagendakan rapat paripurna dalam rangka penutupan masa persidangan pertama Tahun 2021 dan penyampaian laporan kinerja alat kelengkapan Dewan (AKD) DPRD, sekaligus pembukaan masa sidang kedua Tahun 2021,penyampaian laporan pelaksanaan reses pertama Tahun 2021.

Rapat paripurna yang digelar Senin (19/4/2021) itu, di pimpin Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) dokter Fransiscus Andi Silangen. Didampingi dua Wakil Ketua Dewan Sulut J Victor Mailangkay dan Billy Lombok.

Pembukaan sidang paripurna oleh Ketua Dewan Sulut telah membacakan aturan-aturan yang terkait dengan agenda paripurna saat digelar.


Selanjutnya, sebagai pimpinan rapat Silangen memberikan kesempatan kepada Wakil Ketua Dewan Sulut Billy Lombok untuk menyerahkan hasil kinerja selaku pimpinan dewan Sulut.

Setelah Wakil Ketua Billy Lombok, masing-masing alat kelengkapan dewan (AKD) untuk menyampaikan dan menyerahkan hasil kinerja.

Laporan kinerja dari AKD dari Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda),Badan Kehormatan (BK) masing memberikan masukan kepada Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey terkait dengan hasil kinerja.

Seperti hasil kinerja Bapemperda yang hasilnya diserahkan oleh Wakil Ketua Bapemperda Melky J Pangemanan (MJP) dan Ketua Bapemperda Winsulangi Salindeho menyampaikan target kinerja pada bulan Agustus Bapemperda akan menyelesaikan beberapa ranperda.

Sementara itu, AKD lain seperti Badan Kehormatan (BK) telah menyerahkan berkasnya kepada Gubernur dan Wakil Gunernur Sulut bersama pimpinan Dewan Sulut terkait kinerja.


Ketua BK Sandra Rondonuwu sendiri secara gamlang telah menyampaikan beberapa hasil kinerja sekaligus memberikan warning terkait eksistensi dari anggota Dewan Sulut dengan menyampaikan jangan tamba-tamba urusan, BK mengajak mari semua bersama-sama fokus pada kerja sebagaimana yang sudah diatur.

Usai AKD menyampaikan laporan kinerja. Kini Komisi melaporkan hasil kinerja Komisi l hingga Komisi lV.

Hasil kinerja Komisi l diserahkan oleh Sekretaris Komisi l Muhamad Wonso, Komisi ll Syenny Kalagi,Komisi lll diserahkan Wakil Ketua Komisi lll Stella Runtuwene, Komisi lV diserahkan langsung Wakil Ketua Komisi Caireg N Runtu.

Hasil kinerja Komisi ll  masing-masing melaporkan secara detail kepada Pemprov Sulut terkait dengan hasil kinerja dilapangan yang diterima Komisi ll.


Laporan hasil kinerja Komisi ll dibacakan langsung Ketua Komisi Cindy Wurangian. Secara detil Politisi Golkar Sulut menyampaikan secara terperinci saat kunjungan lapangan.

Seperti kunjungan Komisi ll terkait kunjungan di Kota Bitung melakukan pengecekan stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) menghadapi idul fitri yang didapat di lapangan ketersediaan stok banyak,tetapi harga sembako melonjak naik seperti harga cabe naik hingga tembus 1.10 ribu perkilo gram.

Setelah semua AKD menyampaikan hasil laporan kinerja. Kini giliran laporan hasil reses Anggota DPRD Sulut daerah pemilihan (dapil) Kota Manado mendapat kesempatan pertama untuk membacakan usulan aspirasi yang diserap oleh masing- masing Anggota DPRD Sulut.

Hasil reses yang diserap oleh 8 Anggota DPRD Sulut, dapil Kota Manado itu, dibacakan Anggota DPRD Sulut Kristo Lumentut membacakan hasil yang diserap hampir 20 catatan yang di sampaikan ke Pemprov Sulut.

Aspirasi yang disampaikan seperti pembuatan Talud, lampu jalan, banjir,sampah, serta vaksinasi serta bantuan lanjut usia (lansia) dan BPUM. Semua telah dibacakan politisi muda tersebut.

Untuk dapil lain aspirasi yang diserap tidak dibacakan hanya menyerahkan catatan yang di serap saat turun reses kepada Gubernur dan Wagub serta Pimpinan Dewan Sulut.

Sementara itu ditempat yang sama 

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memberikan sambutanya sekaligus memberikan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut yang terlibat aktif selama ini memajukan Sulut menjadi lebih baik.

“Terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD atas upayanya dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab selama ini,” Kata Dondokambey di hadapan sidang paripurna tersebut.


Rapat paripurna digelar dalam rangka Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly juga mengapresiasi kinerja seluruh legislator baik para pimpinan dan segenap anggota DPRD Sulut dalam mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan daerah di Sulut.

“Mampu menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan segenap komponen pembangunan di daerah ini utamanya Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulut tahun 2021-2026 adalah: “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai

Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, dengan lima misi, yakni: Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara; Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa; Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas; Pembangunan daerah yang berkelanjutan; Pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.


Untuk itu, Olly mengharapkan agar hasil kegiatan di tahun 2021 dapat menjadi bahan bagi DPRD bersama dengan Pemprov Sulut untuk menyusun langkah strategis, rencana kerja dan rencana kebijakan kedepan.


Dalam sambutan juga Dondokambey begitu disapa telah menyentil terkait penanganan pandemi Covid-19 di Sulut, Olly menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir ini laporan dari Dinas Kesehatan menunjukan penurunan.

“Artinya lebih banyak yang sembuh dari pada yang terpapar,” ungkap Olly.

Ketua DPD l PDIP Sulut itu menambahkan, di Sulut ini pun optimis lewat komitmen, semangat, dan kerja keras bersama dari semua pihak, secara bertahap seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat Sulut dapat terwujudkan bersama.


Usai sambutan gubernur Sulut, pimpinan rapat Andi Silangen membacakan surat masuk dari Komisi l terkait dengan posisi Wakil Ketua Komisi l yang dipegang Wenny Lumentut, kini dipegang Herold V Kaawoan dari fraksi Nyiur Melambai  dari Fraksi Nyiur Melambai.


Secara resmi politisi Gerindra Sulut resmi Wakil Ketua Komisi l DPRD Sulut menggantikan Wenny Lumentut saat ini menjadi Wakil Waliota Tomohon.

Nampak hadir Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, jajaran Forum pimpinan daerah (Forkopimda) Sulut, Sekretaris daerah Edwin Silangen,Sekwan Glady Kawatu serta  para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.(ADV/tino)