Iklan

April 22, 2021, 15:25 WIB
Last Updated 2021-04-22T22:25:05Z
MinselPolitik

HVK Pimpin Komisi I Kunker ke Inspektorat dan Dukcapil Minsel


JurnalMinsel - Kunjungan kerja (kunker) Komisi l Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di lnspektorat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), digelar Kamis (22/4)2021), terkait sinergitas tugas dan fungsi Inspektorat daerah Kabupaten Minsel bersama lnspektorat Provinsi Sulut dalam mewujudkan Pemerintahan yang bersih.


Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi l DPRD Sulut Herol V Kaawoan (HVK) kepada JurnalManado.com Jumat (24/4/2021).


Komisi l juga, melakukan kunjungan sekaligus melaksanakan fungsi pengawasan di bidang Pemerintahan terhadap pelayanan pembuatan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Dukcapil) di Minsel.


Pelaksanaan rapat di Inspektorat dan Dukcapil di pimpin langsung Wakil ketua komisi l. Karena Ketua Komisi l Vonny Paat sedang mengikuti rapat Pansus LKPJ.


Sehingga  di berikan mandat sebagai Wakil Ketua untuk memimpin pertemuan tersebut.


Pertemuan rapat, di Inspektorat dan Dukcapil telah menghasilkan sejumlah point penting antara lain:

1.terkait temuan penyalagunaan dana desa di Desa Maleos

2.SDM auditor

3.Sinergitas dengan lnspektorat Provinsi

sudah berjalan dengan baik dan terus di pertahankan

4.bagaimana pemeriksaan inspektorat Kabupaten Minsel

5.kewenangan APIP

6.tentang penyediaan fasilitas pengaduan masyarakat


Hasil di Dukcapil terkait laporan hasil evaluasi Tahun 2020

pelayanan publik dari Kemenpan RB dan khusus untuk Dukcapil Minsel mendapat nilai ( 2,07) kategori C (cukup dengan catatan) sedangkan nilai paling renda 2, dan ini sudah 3 tahun berturut turut

dan hasil evaluasi yang di laksanakan bulan September Tahun 2020


Kunjungan kerja di lnspektorat Komisi l di terima lnspektur Hendra Pandeynuwu dan jajaran, di Dukcapil di terima  Kadis Corneles Mononimbar dan jajaran.


"Dalam pertemuan di Dukcapil ada beberapa hal yang kami sampaikan antara lain mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta terus melakukan koordinasi ke Pemerintah Provinsi dan Pusat agar terwujudnya sinergitas antara Pemerintah Pusat dan daerah," ujar Herol.

Hadir pada pertemuan tersebut, pimpinan dan Anggota  Komisi l, Herol Vresly Kaawoan, Hendry Walukouw, Imelda Novita Rewah, Arthur Kotambunan, serta mewakili pihak Sekretariat Dewan Sulut Kepala Bagian (Kabag) Umum John Paerunan dan staf Komisi. (tino)