Iklan

May 20, 2021, 03:32 WIB
Last Updated 2021-05-20T10:32:37Z
Politik

Maknai Harkitnas, Danmenwa Ajak Masyarakat Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Pulihkan Covid19


JurnalManado - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh hari ini, Kamis (20/05/2021), menjadi momen perenungan akan perjuangan para pahlawan terutama organisasi Boedi Oetomo.


Perayaan Harkitnas ke-113 Tahun 2021 ini, mengambil tema 'Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!',


Dimintai tanggapan soal Harkitnas  Komandan Resimen Mahasiswa (Danmenwa) Sulut Fabian Kaloh SPi MSi  berharap seluruh unsur masyarakat dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi COVID-19.


"Agar kita bangkit dari keterpurukan akibat COVID-19. Kita Bangkit karna kita bangsa yang tangguh," tegas Fabian Kaloh kepada JurnalManado.com Kamis (20/5/2021) di ruang kerjanya.


Anggota Dewan perwakilan rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sembari menambahkan, pemaknaan Harkitnas sedikit berbeda bentuk perjuangan di era Boedi Oetomo dengan kita yang hidup saat ini.


"Tapi substasinya masih sama. Artinya, semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan yang dilakukan dr Wahidin pendiri Organisasi Boedi Oetomo diera perjuangan 113 tahun lalu dengan cara membiayai pelajar-pelajar pandai yang kurang mampu, saat ini dengan bentuk-bentuk aksi yang berbeda, kita juga dapat melakukan hal-hal positif lain dalam mengisi pembangunan bangsa saat ini," tuturnya.


Saat ini, lanjut Kaloh, kita punya 'musuh besar' yaitu COVID-19.


"Mari kita perkuat persatuan dan kesatuan bergotong royong, bahu membahu mengatasi COVID-19 ini, tentu dengan bermacam-macam cara seperti patuh pada protokol kesehatan (Prokes) yang ada," kuncinya.(tino)