Iklan

May 24, 2021, 03:23 WIB
Last Updated 2021-05-25T10:27:34Z
Manado

Perkuat Sinergitas, Tim TP PKK Sulut Kunjungi Tim TP PKK Manado


Jurnal Manado – Guna memperkuat dan memastikan sinergitas program kerja, maka pengurus TP PKK Provinsi Sulut turun dan menemui jajaran pengurus TP PKK Kota Manado.

Ketua TP-PKK Manado Irene G. Angouw Pinontoan, Sekretaris TP PKK dr. Merry Sualang Mawardi dan Ketua Dharma Wanita Kota Manado Anje Lakat Mailoor menyambut kedatangan Ketua TP-PKK Sulut yang diwakili Sekretaris TP-PKK dr. Kartika Devi Kandouw Tanos MARS.

Kedatangan TP PKK Sulut dalam rangka Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pembinaan dan Penataan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Manado yang bertempat di Kantor Lurah Malalayang Dua, Senin (24/05/2021).

Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw Tanos MARS mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk memastikan bahwa gerakan PKK telah dijalankan sesuai tugas dan fungsi TP-PKK.

“Hasil kegiatan ini akan diberikan umpan balik ke daerah yang bersangkutan untuk dijadikan bahan dalam perencanaan selanjutnya, dan juga sebagai informasi bagi Provinsi untuk penyempurnaan kebijakan – kebijakan PKK secara berjenjang,” kata dr Devi mengutip sambutan Ibu Rita.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi menunjang dan terselenggaranya Program PKK agar berjalan dengan baik yaitu :

Pertama, Pandemi Covid -19 masih belum berakhir, TP-PKK juga di beri peran oleh Pemerintah untuk bergerak bersama – sama dalam Penanganan atau Pencegahan Covid – 19.

Kedua, Tingginya Angka Stunting, sehingga diperlukan upaya Percepatan penyelesaian masalah Stunting.

Ketiga, Perlu mewujudkan Keluarga yang berkarakter Pancasila melalui Pola Asuh Anak dan Remaja serta Pernikahan Anak di bawah umur.

Keempat, Mewujudkan Keluarga yang terdidik (wajib belajar 12 tahun, penanganan anak putus sekolah karena Covid – 19) Kader PKK yang terampil dan mampu secara ekonomi.

Kelima, Mewujudkan Ketahanan Keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan yang sehat dan layak.

Keenam, Mewujudkan Derajat Kesehatan Keluarga Kelestarian Lingkungan Hidup dan perencanaan sehat lewat Gerakan Keluarga PKK Gagah bencana (Keluarga PKK tanggap dan tangguh bencana).

Ketujuh, Mewujudkan Profesionalisme Pengelolaan Gerakan PKK melalui Penataan Administrasi dan Data Pendukung.

Ketua TP-PKK Provinsi Sulut menitipkan kepada kader – kader PKK, dalam mengantisipasi permasalahan perekonomian di daerah.

“Mari kita manfaatkan tanah kosong di sekitar kita, tanamilah dengan berbagai tanaman obat keluarga, sayur, dan berbagai kebutuhan dapur sehari – hari,” pesan Ibu Rita melalui dr Devi.

Pada kesempatan itu, dr Devi menyempatkan diri mengunjungi Sekretariat TP – PKK Kota Manado dan  ke Rumah Pintar yang jaraknya hanya dekat dengan Sekretariat PKK.

Irene G. Angouw Pinontoan bersama Sekretaris dr. Merry Sualang Mawardi serta Seluruh pengurus PKK Kota Manado mengucapkan Terima Kasih kepada Ibu dr. Kartika D. Kandouw Tanos beserta rombongan TP PKK Sulut yang sudah bersedia mampir di Sekretariat PKK Kota Manado.(*man)