Iklan

June 20, 2021, 14:58 WIB
Last Updated 2021-06-20T21:58:11Z
KesehatanPolitik

Boy Tumiwa: Pemerintah Sosialisasikan Perda Penegakan Hukum Prokes Guna Pengendalian Covid - 19


Jurnal Manado - Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Drs Boy Tumiwa BSc, berharap pemerintah giatkan sosialisasi peraturan daerah ( Perda) yang di hasilkan Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


 Diketahui, masih banyak masyarakat bahkan pelaku usaha yang tidak mengetahui jika Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan peraturan daerah (Perda) penegakan hukum protokol kesehatan sebagai Upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.


"Saya berharap pemerintah bisa giat sosialisasi  perda yabg sudah ditetapkan DPRD Sulut. ldealnya, suatu aturan termasuk Perda,  itu dianggap sukses atau berhasil jika dipahami masyarakat dan diindahkan atau dijalankan.


Untuk mencapai hal tersebut maka tandasnya perlu secara masif dilakukan sosialisasi dengan melibatkan misalnya tokoh agama, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, bahkan juga dengan memanfaatkan media sosial .


Dengan gencarnya melakukan sosialisasi maka akan mudah dipahami dan selajutnya bisa melahirkan kesadaran bagi warga masyarakat.


Sangat disayangkan tandasnya jika buah buah pemikiran yang tertuang dalam Perda yang dibahas bersama Pemerintah dan DPRD, kemudian tidak bisa dijalankan maksimal  karna kuranya pemahaman masyatakat.


Sebagaimana diketahui Sulawesi Utara (Sulut) kini telah memiliki peraturan daerah (perda) untuk menegakkan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sudah ditetapkan menjadi Perda oleh Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen dalam rapat paripurna, pekan lalu.


Disamping itu, Pemerintah DPRD juga akan melakukan sosialisasi terhadap.perda perda yang ditetapkam lembaga DPRD, sebagaimana pernah disampaikan ketua Fraksi PDI Perjuangan Rocky Wowor beberapa waktu lalu,  bahwa semua anggota Fraksi telah di tugaskan untuk turun ke dapil masing masing melakukan sosialisasi terkait Perda Covid 19.(tino)