Iklan

June 14, 2021, 02:19 WIB
Last Updated 2021-06-14T09:19:14Z
Mitra

Dukung Program STBM, Kumtua Kali Turun Langsung Pembuatan Jamban


Jurnal,Mitra - Dalam rangka mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) maka pemerintah desa kali kecamatan Tombatu Timur melaksanakan standard kesehatan bagi masyarakat.


Hukum Tua Desa Kali Christianov Jackson Mokat membeberkan bahwa STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan."Jadi ada Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat."Pungkasnya.


Mokatpun menjelaskan bahwa sudah melakukan kordinasi sehingga Langkah-langkah pemicuan terdiri dari perkenalan fasilitator, penjelasan maksud dan tujuan pemicuan, bina suasana, pemetaan sosial, transect walk, alur kontaminasi air, puncak pemicuan dan diakhiri dengan pembuatan kontrak sosial "Desa kali ada 15 jamban yang dikerjakan dengan, 12 Rehab Jamban, 3 Pembuatan Jamban Baru yang Semuanya dilaksanakan secara swadaya oleh Pemerintah Desa dan Dosen serta Mahasiswa Poltekkes Manado bekerjasama dengan Puskesmas Tombatu,"terangnya.


Untuk Mokat menegaskan pada kegiatan program STBM   semua dilaksanakan untuk memenuhi standar kesehatan yang ada bagi masyarakat Desa Kali.


Turut hadir pada kegiatan yaitu Dosen Poltekkes yang juga Sebagai Ketua AKLI Sulut Bapak Tonny Timpua, Kapus Tombatu dan Petugas Puskes Tombatu.(hak)