Iklan

July 13, 2021, 23:37 WIB
Last Updated 2021-07-14T06:37:27Z
Bitung

Laporan Hasil Kegiatan TMMD ke 111 TA 2021 Kepada Wakil Walikota Bitung


Jurnal Bitung – Acara Penutupan kegiatan TMMD ke 111 TA 2021 Di wilayah Kumersot sekaligus penyerahan Laporan hasil kegiatan TMMD kepada Walikota Bitung yang diwakili Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar dilaksanakan di ruang rapat lantai 4 Kantor Walikota Bitung, Rabu (14/7/2021).


Laporan yang dilakukan Dandim 1310/Bitung Letkol Inf. Benny Lesmana SE Mhan kepada Wakil walikota Bitung Hengky Honandar dalam laporan tertulis yang dibacakannya. 


Pelaksanaan kegiatan TMMD ke 111 TA 2021 selama 30 hari dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan didaerah, melaksanakan serbuat teritorial demi terwujudnya ruang kekuatan keluarga yang tangguh terpelihara serta meningkatkan penangulangan TNI dan Rakyat.


Sehubungan dengan data tersebut diatas kodim 1310.bitung bekerja sama dengan Pemkot Bitung telah melaksanakan kegiatan TMMD ke 111 TA 2021 di kelurahan kumersot kec. Ranowulu Kota Bitung selama 30 hari terhitung mulai tanggal 15 juni sampai 14 Juli 2021, dukungan anggaran tersebut dari APBD Kota Bitung TA 2021 sebesar 1 miliar.


Sasaran yang telah dilaksanakan :

1. Sasaran Fisik

Berupa perintisan dan pembuatan trase disepanjang 4.250 m dengan lebar 6 m dengan hasil mencapai 100%. 

2. Sasaran Non fisik

Sosialisasi dan penyuluhan yang telah dilaksanakan sbb : 

penyuluhan sosialisasi dalam negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, sosialisasi kesehatan, dan pencegahan penularan Covid 19 melalui penerapan protokol kesehatan, sosialisasi pertanian, sosialisasi pendidikan, sosialisasi hukum dan KDRT, sosialisasi Khamtibmas, sosialisasi Narkoba, sosialisasi antar umat beragam, sosialisasi kp Kesehatan, sosialisasi perikanan, peternakan, sosialisasi lingkungan hidup dan kehutanan, sosialisasi kegiatan PKK, sosialisasi layanan publik dan kepedudukan, sosialisasi bahaya teroris dan paham radikalisme, sosialisasi stunting, sosialisasi posiandu,dan sosialisasi rekrutmen TNI AD. Bakhti sosial yang telah dilaksanakan berupa pembagian sembako sebanyak 500 paket, kepada masyarakat, donor darah serta vaksin satu kali kepada masyarakat.


Kegiatan keagamaan sebanyak 8 kali baik buku agama islam maupun agama kristen, pelayanan kesehatan dasar, pelayanan posiandu deng posindu BTM, kegiatan penghijauan sebanyak 1500 pohon, upayah dan satgas, yang mana melaksanakan perehaban 2 unit rumah tinggal layak huni RTLH dengan hasil mencapai 100%. Pembuatan dua unit poskamling dengan hasil 100%, pembuatan dua unit MCK denga hasil 100%, pengecatan 4 pagar Rumah ibadah dengan hasil 100%. 


Selanjutnya Pelipatan personil kelompok komando satgas sebanyak 15 orang, tim asistensi atau tim penyuluh 25 orang, Satuan Setingkat Kompi SSK 110 orang, TNI AU sebanyak 93 orang, TNI AL sebanyak 5 orang, TNI AU sebanyak 2 orang, Polres Bitung 10 orang dan dari warga masyarakat sebanyak 50 orang setiap hari.


Demikian laporan singkat dari pelaksanaan TMMD ke 111 TA 2021 Kodim 1310/Bitung, Letkol Inf. Benny Lesmana SE Mhan selaku Dansatgas dengan seluruh pekerjaan mencapai 100% selesai, kepada Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar.    

Disaat yang sama Honandar memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI Kodim 1310/Bitung dengan kegiatan TMMD yang sangat membantu Program dari Pemkot Bitung.


 “ Dengan adanya keterlibatan personil TNI AD ini benar-benar merupakan suatu bantuan untuk pemerintah Kota Bitung, dan kami berharap untuk kedepannya agar lebih bisa dimaksimalkan lagi kegiatan TMMDnya, karena sepertinya lebih ringan bagi pemerintah ketika TMMD masuk.” Kata Honandar.


Hunandar juga menambahkan terkait vaksin yang agak kurang sekarang ini sehingga mereka masih menunggu.


“ kalau sekirannya vaksin yang ada di kota bitung jumlahnya lebih maka Kami selaku pemerintah akan melibatkan TNI Kodim 1310/Bitung bersama Pihak kepolisian untuk melakukan vaksinasi secara bersama-sama “ imbuhnya.

 

Lebih lanjut Wakil Walikota memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak TNI Kodim 1310/ dengan mangatakan “ Apa Bisa TMMD dilakukan 2 kali dala setahun “ pungkas Honandar sambil tertawa. Turut hadir dalam acara penutupan tersebut, Kapolres Kota Bitung, Dandim 1310/Bitung Sekda, Camat Ranowulu, serta Lurah Kumersot, Steven Moningka. (tam).