Iklan

August 26, 2021, 08:51 WIB
Last Updated 2021-08-26T15:51:08Z
EkonomiUtama

Buka Meeting Gerakan 1000 Starup, Wagub Ungkap Nusa Utara Banyak Potensi


Jurnal Manado - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kini sampai ke salah satu daerah terluar Indonesia, yakni Nusa Utara. Bersama dengan Regional Officer Wilayah Manado, Kementerian KOMINFO berhasil menjangkau potensi Nusa Utara untuk dikolaborasikan dengan dunia digital.


Melalui Zoom Meeting yang berlangsung sekitar 2 jam, Kamis (26/8/2021) yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw mengungkapkan apresiasi bagi Regional Officer Manado yang bersedia menjangkau wilayah Kepulauan melalui Roadshow ini.


“Wilayah Nusa Utara punya banyak sekali potensi, dan beruntung sekali melalui roadshow ini kita bisa mengeksplor potensi tersebut sekaligus memperhatikan apa saja yang masih jadi kendala disana” tutur Kandouw.


Bentuk dukungan dari Kementerian KOMINFO terhadap pengenalan startup di Nusa Utara, Sonny Sudaryana ST MMT selaku Koordinator Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kemkominfo juga mendorong peserta agar tidak kalah dengan daerah lain dalam membangun ekonomi digital. “Tren saat ini banyak anak muda yang membangun usaha sendiri dan berkolaborasi sebagai bentuk partisipasi pembangunan daerah melalui ekonomi digital,” jelasnya.


Keynote Speaker yang merupakan Ketua Komunitas Pemuda Nusa Utara sebagai jembatan terlaksananya Roadshow di Nusa Utara Dr Hendrik Manossoh SE MSi Ak CA menyampaikan apresiasi kepada Regional Officer Manado dan Pemerintah Sulawesi Utara yang bersedia untuk memperhatikan daerah Nusa Utara melalui kegiatan yang menggaet peserta hingga 600 orang dari berbagai kalangan.


“Pemuda Nusa Utara harus punya semangat yang lebih membara dari daerah lain, bergabung dalam dunia startup digital akan membawa kita lebih jauh menjelajahi dunia luar,” tambahnya.


Dalam roadshow ini, salah satu tokoh penting di Nusa Utara Prof Dr Ir Frans Ijong MSc memperkenalkan banyak sekali potensi wisata Nusa Utara bahkan potensi kemaritiman dalam materinya.


Dengan potensi yang luar biasa, Maria Silangen (Co-Founder Pijar) bersama Lady Giroth (VP Satu Tampa dan Regional Officer Manado) membekali peserta dengan ilmu luar biasa untuk membangun startup baru dari Nusa Utara. Diskusi panel yang sangat interaktif ditutup dengan statement menarik dari Rina Taghulihi yang memoderatori diskusi “Pemuda Nusa Utara harus cermat memanfaatkan potensi SDA di daerah sambil terus bersinergi dengan pemerintah, karena era digital mendekatkan yang jauh dan memudahkan yang sulit,” tutur dara kepulauan tersebut.


“Berjalannya roadshow ini ini tidak lepas dari support berbagai pihak, terutama pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang mau menghadiri acara ini, untuk itu kami sangat berterima kasih,” tutur Lady selaku Regional Officer. Senada dengan Lady, Leyne Sagay yang juga Regional Officer mengaku senang boleh mengenal potensi Nusa Utara dan mengenalkan Startup digital pada peserta.(*)