Iklan

August 16, 2021, 05:52 WIB
Last Updated 2021-08-16T12:52:39Z
Advetorial

DPRD Sulut Dengar Pidato Presiden RI, Padukan Kehadiran Fisik dan Virtual


JurnalManado - Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara mendengatkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) lr Jokowidodo.

Agenda ini menggelar dua kali rapat paripurna pada Senin (16/8/2021) dengan agenda pertama mendengarkan pidato Presiden pada sidang tahunan MPR RI serta pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian Rancangan undang-undang (RUU) Anggaran pendapatn belanja negara (APBN) Tahun  2022 dan nota keuangan.


Dua agenda paripurna ini dipimpin Ketua DPRD dr Fransiscus Silangen, didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay dan Billy Lombok.


Tampak hadir Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Olly  dan Drs Steven Kandouw. Hadir juga Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut Edwin Silangen dan Sekwan Glady Kawatu.


Diungkapkan Ketua DPRD, paripurna ini memadukan kehadiran fisik dan virtual.

Usai membuka rapat paripurna, Ketua DPRD mengarahkan ke siaran langsung melalui media elektronik ke sidang paripurna yang sedang berlangsung di Senayan, Jakarta.

Tampak dalam layar sejumlah Anggota Dewan Sulut, yang mengikuti secara virtual, mengingat kondisi pandemi covid 19.


Pada rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan sesuai protokol kesehatan (protokol) jaga jarak,cuci tangan, pake masker serta tidak berkerumun.


Mendengarkan pidato kenegaraan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya  namun hal ini dipatuhi oleh DPRD Sulut dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang hadir pada rapat paripurna untuk mendengarkan pidato kenegaraan.


Diketahui, sejumlah poin disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pada sidang tahunan MPR RI. Di antaranya Presiden Jokowi mengakui kesadaran, partisipasi dan gotong royong masyarakat dinilai semakin baik di bidang kesehatan.


Presiden juga mengapresiasi lembaga Pemerintah lintas sektor yang membuat kapasitas kesehatan meningkat pesat.



Kemudian, Presiden Jokowi menilai kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di semakin tinggi. Dilihat dari kebiasaan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.


Kemudian mengenai vaksinasi, Jokowi mengatakan antusiasme masyarakat sangat tinggi. Menurutnya pandemi ini telah menguatkan institusi sosial di masyarakat.



Selanjutnya, Presiden mengatakan, Kerja sama antarlembaga serta kepemimpinan responsif dan konsolidatif menjadi kunci dalam menangani pandemi.

Di samping itu, presiden berterimakasih pada lembaga legislatif dan pemeriksa memberikan dukungan kepada Pemerintah untuk cepat mengkonsolidasikan kekuatan fiskal. Bahkan TNI/Polri terus mendisiplinkan protokol kesehatan, 3T, vaksinasi serta isolasi terpusat.


Tampak hadir mengikuti rapat paripurna untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Rl, Forum komunikasi pimpinan daerah  (Forkompinda), Assisten l,ll,lll,Inspektorat serta Sekretaris Dewan Sulut (Sekwan) Glady Kawatu dan sejumlah Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat Dewan Sulut. (ADV/tino)