Iklan

September 13, 2021, 20:52 WIB
Last Updated 2021-09-14T03:52:05Z
PemerintahanUtama

Workshop Deteksi dan Pencegahan Korupsi, Onibala : Selaras Dengan Harapan Gubernur


Jurnal Manado - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) apresiasi Workshop Anti Korupsi dengan tema “Deteksi dan Pencegahan Korupsi”, yang dihelat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), Selasa (14/9/2021).

Kepala Inspektorat Pemprov Sulut Meiki Onibala usai mengikuti workshop tersebut secara virtual mengatakan kegiatan ini selaras dengan harapan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.


 

“Tentunya ini patut diapresiasi. Karena bagian dari deteksi dini terkait dengan penyalahgunaan. Dan ini sesuai dengan komitmen pak gubernur dan pak wagub dalam hal pencegahan korupsi,” kata Onibala di Command Center Kantor Gubernur Sulut.

Onibala menambahkan pencegahan korupsi ada beberapa aspek. Di antaranya, terkait dengan perencanaan anggaran, management aset, perizinan, barang dan jasa, rotasi atau mutasi jabatan ASN, termasuk pengawasan APIP.  Ini harus ‘diamankan’.


 

“Betul-betul kegiatan ini sangat memberikan dampak luar biasa bagi kita pemerintah provinsi. Jadi, ini menjadi tanda warning kita semua pemerintah se Indonesia,” tutur Onibala yang didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Jemmy Kumendong.

Lebih jauh Onibala mengatakan saat ini selain mendampingi perangkat daerah Pemprov Sulut, juga ditugaskan pimpinan untuk mendampingi pemerintah kabupaten/kota di Sulut dalam hal pencegahan korupsi.


 

“Saya ditugaskan membantu kabupaten/kota untuk meningkatkan rangking terkait Monitoring Centre Prevention (MCP),” ungkapnya.

Diharapkan kabupaten/kota di Sulut mengikuti capaian Pemprov Sulut meraih peringkat satu nasional terkait penilaian KPK tentang MCP.

“Puji Tuhan torang di mata pusat ada progres naik. Torang berbangga karena ini bagian dari komitmen pak gubernur dan pak wagub,” tandasnya.(man)