Iklan

November 19, 2021, 02:54 WIB
Last Updated 2021-11-19T10:54:36Z
Dinamika

Disdukcapil Sulut Gelar Bimtek Pendaftaran Penduduk se - Sulut


Jurnal Manado - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan KB Sulut melaksanakan Bimbingan Teknis Pendaftaran Penduduk se - Sulawesi Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari menghadirkan pemateri dari IPDN Tampusu, Kementerian Hukum dan HAM dan Direktorat Dukcapil RI.

Kepala Dinas Dukcapil dan KB Sulut Plt. Voura Kumendong mengatakan, pemerintah provinsi Sulawesi utara menyambut gembi dan merespon positif terselenggaranya Bimbingan Teknis terkait pendaftaran penduduk selama 2 (dua) hari. 



Sebagaimana Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dengan terbangunnya database kependudukan’ secara nasional serta keabsahan , kevalitan , keakuratan dan kebenaran atas dokumen kependudukan yang diterbitkan. 


"Demikian juga dengan terbitnya Perpres nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil, harus dapat dipahami dan dapat dijalankan dengan benar oleh para kepala bidang dan para kepala seksi pendaftaran penduduk," terang Voura didampingi Sekretaris Dinas Wendy Karwur.


Pada kesempatan tersebut Voura menekankan beberapa hal terkait pelayanan yaitu Pertama, Pentingnya seluruh para kepala bidang dan para kepala seksi yang menangani Pendaftaran Penduduk benar-benar mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta dapat mengendalikan subtansi. Dalam hal ini saya ingin menekankan bahwa para kepala bidang dan seksi yang menangani Pendaftaran Penduduk wajib dan harus mampu menguasai bidang tugasnya sehingga tidak terjadi efek hukum. 


Kedua, Para kepala bidang dan seksi dapat meningkatkan pengetahuan dan penerapannya di tempat kerja masing-masing dan mampu memberikan dokumen kependudukan yang baik dan benar. 


Ketiga, Provinsi senantiasa berupaya melakukan pembinaan, supervisi dan fasilitasi kepada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota secara berkesinambungan. 


Ke empat, tantangan kita bersama saat ini, terutama anda-anda sekalian sebagai ujung tombak, awal dari tugas yaitu masih adanya masyarakat yang kurang peduli ataupun yang belum melakukan pengurusan dokumen kependudukan. 

"Semoga dari pelaksanaan acara ini kita dapat memperoleh manfaat yang berguna untuk menunjang tugas dan pelayanan yang membahagiakan di wilayah kerja kita masing — masing dan sekali lagi saya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh peserta yang sudah hadir, kiranya dapat memahami dengan benar apa yang diberikan oleh para Narasumber," pungkasnya.(man)