Iklan

November 13, 2021, 15:29 WIB
Last Updated 2021-12-13T23:31:06Z
Pendidikan

Unsrat Lakukan MoU Dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia


MANADO--Universitas Sam Ratulangi melakukan MOu dengan pihak kepolisian republik Indonesia Kamis (14/11/2021).  Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA  mengatakan  kerjasama ini merupakan perpanjangan dari MoU yang pernah ditandatangani pada 2015 yang juga ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri yang sudah berakhir 2020.

"Universitas Sam Ratulangi yang memperoleh status Akreditasi Klasifikasi Unggul dari BAN PT,  tentu harus menunjukkan citra predikat itu dengan   menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi,"jelasnya. 

Lanjutnya,  UNSRAT menyambut baik kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak." Adapun kerjasama dengan Kepolisian Negara RI  termasuk Polda SULUT dalam implementasinya telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam lingkup pendidikan, kuliah umum, pelatihan satpam, pengamanan dan vaksinasi massal,"tuturnya. 

Rektor berharap, MoU ini dilanjutkan dengan berbagai perjanjian kerjasama dan kegiatan Implementasi dengan intensitas yang cukup aktif. 

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M., yang diwakili oleh Wakapolda Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir dalam  mengatakan  maksud dan tujuan MoU ini adalah untuk meningkatkan kualitas anggota Polri yang bertugas di Polda Sulut. "Sehingga nantinya mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan fungsi dan kelembagaan kepolisian sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,"tuturnya. 

Selanjutnya Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil., dalam sambutan tertulis dibacakan Anjak Utama Bidang Jianstra SSDM Polri, menerangkan, MoU ini sejalan dengan salah satu rencana aksi dari Program Prioritas Kapolri yaitu meningkatkan kerjasama di dalam dan luar negeri pada pendidikan dan pelatihan anggota Polri.

"Kerjasama antara Polri dan Unsrat ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi antara Polri dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi tantangan tugas saat ini dan di masa mendatang,” ujar Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.

MoU yang sudah ditandatangani bersama ini katanya diharapkan segera diimplementasikan dalam bentuk kerjasama nyata, untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

"Adapun kerjasama yang bisa dilakukan di antaranya, penelitian bersama, program magang mahasiswa Unsrat di Polri, program kelas khusus bagi anggota Polri, pelibatan personel Bhabinkamtibmas pada program pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Unsrat, serta kegiatan lainnya yang bermanfaat dalam mewujudkan sinergisitas Polri dengan Unsrat,” pungkas Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.(tra)