Iklan

December 21, 2021, 16:49 WIB
Last Updated 2021-12-24T00:52:14Z
Mitra

Dukung Pemberdayaan Masyarakat, Pemkab Mitra Serahkan Bantuan Bagi Masyarakat Nelayan


Jurnal,Mitra - Sebagai upaya mendukung pemberdayaan masyarakat agar tetap produktif bahk ditengah pandemi Covid-19 yg saat ini belum berakhir, Pemkab Minahasa Tenggara melalui Dinas Perikanan, Selasa, 21/12/21 menyerahkan bantuan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kabupaten Minahasa Tenggara. 

Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Drs. Joke Legi, dalam sambutannya berharap agar bantuan yang diterima bisa dipergunakan sebaik mungkin.

"Selaku pemerintah tentunya kami berharap agar bantuan yang diserahkan ini bisa bermanfaat untuk menunjang perekonomian masyarakat nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara," ungkap Legi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Ir. Vecky Monigir, ME menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan ini dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni berupa Kapal Penangkap Ikan Berukuran Dibawah 5 GT bagi 10 KUB serta bantuan Fishfinder bagi 15 KUB. Lebih lanjut Monigir mengungkapkan bahwa Tahun 2021 ini Dinas Perikanan menganggarkan bantuan untuk stimulan bagi para pengolah dan pemasar berupa coolbox, freezer, keranjang serta peralatan pengolahan lainnya.

"Selain bantuan untuk para nelayan, kami juga mengalokasikan bantuan berupa peralatan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan bagi 12 Poklahsar yang dibiayai melalui Dana Alokasi Umum. Tentunya kami berharap agar bantuan yang dikhususkan bagi ibu-ibu ini dapat berguna baik dalam kegiatan pemasaran ikan segar, maupun untuk kegiatan mengolah hasil perikanan," ungkap Monigir, yang didampingi Sekretaris Dinas Ir. Dike Losung, Kabid Perikanan Tangkap, Fauzia Pua, SIK dan Kabid Bina Usaha Perikanan, Calvyn Rawis, ST, MH.(hak)