Iklan

January 20, 2022, 14:23 WIB
Last Updated 2022-01-20T22:23:58Z
Mitra

Pembabatan Pohon Pinus Dapat Kecaman, Kadis DLH Kabupaten Mitra Sebut Tidak Ada Pohon Ditebang


Jurnal Manado - Aksi pembabatan pohon Pinus di area kaki Gunung Soputan, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Disoroti warga bahkan kecaman dari berbagai pihak.


Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Mitra Semuel Montolalu mengatakan, apapun yang menjadi alasan pihak perusahaan. Jika pembabatan pohon Pinus tersebut tak memiliki ijin harus di tindaki, ditambah lagi pohon Pinus sendiri persis di bawah kaki gunung Soputan.“Kami mengecam keras, para pelaku pembabatan pohon Pinus. Hal tersebut sudah pasti merusak ekosistim Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),”Tegas Kader Moncong Putih.


Iapun memintakan kepada Penegak Hukum (Gakkum), dari Dinas Kehutan (Dishut) provinsi Sulut untuk segera turun langsung ke lokasi penebangan pinus, guna mengetahui apakah aksi penebangan itu memiliki izin atau dilakukan secara illegal, untuk selanjutnya menyita seluruh alat yang dipakai untuk membabat pohon pinus."Siapapun yang melakukan perusakan di hutan terutama di sekitar kawasan Gunung Soputan, apa lagi tidak memiliki ijin. Saya minta Dishut Provinsi agar segera turun langsung ke lokasi penebangan pinus, guna mengetahui apakah aksi penebangan itu memiliki izin atau dilakukan secara illegal,”tegas Montolalu.


Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mitra Desten Katiandagho ketika dikonfirmasi Kamis 20/1/20 mengatakan bahwa  telah memerintahkan Tim untuk turun meninjau lokasi tersebut."Berdasarkan hasil tinjauan lapangan bersama dengan petugas Dinas Kehutanan propinsi tidak ditemukan adanya penebangan, dilokasi yang fotonya  difiralkan,"ujarnya.


Ditambahkan Kadis DLH sementara untuk foto yang difiralkan itu adalah foto tahunl Yang lalu ketika ada penebangan yang saat itu didampingi oleh petugas Dinas Kehutanan."Dari Tim ketika turun lapangan Tadi siang mencoba menghubungi orang yg memfiralkan melalui media sosial (Medsos) tapi ketika di telepon yang bersangkutan tidak angkat telpon, kami menelpon dengan maksud turun bersama agar menunjukkan lokasi yang dimaksud oleh yang bersangkutan,"terang Katiandagho.(hak)