Iklan

March 7, 2022, 16:26 WIB
Last Updated 2022-03-08T00:26:06Z
Mitra

Curah Hujan Tinggi Disertai Angin, Mitra Siaga Bencana

Jurnal,Mitra  - Siaga bencana diberlakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra), menyusul masih tingginya intensitas curah hujan disertai angin kencang di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, Jhony Kolinug mengatakan, pemberlakuan siaga bencana ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya hal tidak diinginkan di masyarakat akibat dampak cuaca saat ini. "Berdasarkan pengamatan dan analisis BMKG, periodisasi musim hujan di bulan Februari hingga Maret 2022, masih dengan intensitas tinggi," ujar Kolinug sembari menambahkan, pemberlakukan siaga bencana, sebagai tindaklanjut atas edaran Pemprov Sulut tentang himbauan untuk mengantisipasi cuaca extrim.

Meningkatkan kewaspadaan, jadi hal wajib diperhatikan masyarakat, apalagi yang bermukim di daerah rawan bencana seperti dekat tebing dan bantaran sungai. "Masyarakat juga agar belum melakukan aktifitas di daerah rawan bencana, termasuk pengendara kendaraan bermotor agar dapat memperhatikan situasi saat melakukan perjalanan mengingat adanya hembusan angin kencang yang berpotensi menyebabkan pohon tumbang," tukas Kolinug.

Lanjut Kolinug juga mengingatkan agar warga terus memperhatikan himbauan yang disampaikan pihak Pos Pemantau Gunung Soputan, terkait status terkini gunung berapi tersebut. "Yang terutama adalah kewaspadaan. Jangan memaksakan untuk beraktifitas di daerah rawan bencana, apalagi menginap di saat situasi tidak memungkinkan," tandas Kolinug.

Diketahui, tingginya curah hujan disertai angin kencang selang tiga hari terakhir, menyebabkan longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik di Wilayah Kabupaten Mitra.(hak)