Iklan

March 7, 2022, 23:01 WIB
Last Updated 2022-03-08T07:02:29Z
PemerintahanUtama

Wakili Gubernur, Wagub Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrim


 Jurnal Manado - Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa waktu ke depan Sulawesi Utara akan mengalami hujan dengan intensitas yang tinggi. 

Untuk itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw pun mengimbau masyarakat berhati-hati dengan cuaca ekstrem.


“Arahan pak gubernur Olly kepada seluruh pemerintah kabupaten kota dan masyarakat tetap waspada. Apalagi masyarakat yang tinggal di tepi sungai dan lereng-lereng gunung, daerah rawan longsor agar lebih siaga,” kata Wagub Kandouw, Selasa (8/3/2022).

Ketika cuaca ekstrem terjadi masyarakat diminta menjauh dari daerah yang rawan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, gelombang pasang yang tinggi dan meluapnya air sungai.

“Sebelum terjadi bencana segeralah mengungsi ke daerah yang lebih aman sehingga ketika terjadi ancaman bencana alam seperti banjir dan longsor warga sudah berada di lokasi yang aman dari bencana,” katanya. 


Sebelumnya, Gubernur Olly Dondokambey telah mengeluarkan surat edaran yang ditujuhkan kepada bupati dan walikota di Sulut, agar mengantisipasi cuaca ekstrem.



 

Dalam surat edaran yang ditandatangani Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Asiano Gamy Kawatu ini menyebutkan bahwa bupati dan walikota mengantisipasi cuaca ekstrem dengan upaya kesiapsiagaan bencana.



 

Dari surat edaran dengan Nomor: 360/22.1647/Sekr.BPBD itu terdapat enam poin dalam hal mengantisipasi cuaca ekstrem di Sulut.(*)