Iklan

April 4, 2022, 05:48 WIB
Last Updated 2022-04-04T12:48:20Z
Politik

CNR: Bapemperda Minta Pemprov Masukan Naskah Akademik


 JurnalManado - Ketua Badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Careig N Runtu (CNR) SiP mengatakan, rapat Bapemperda dengan tenaga alih dan tim ahli Senin (4/3/2022) membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang     Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan hewan di Sulawesi Utara (Sulut).  


Menurut Wakil Ketua Komisi lV itu merupakan agenda yang sudah dijadwalkan dari mulai penetapan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda), ada 12 ranperda yang akan kita bahas tahun ini.


"Saya optimis bersama teman-teman bapemperda, Pimpinan dan anggota bapemperda kita bisa selesaikan untuk semua ranperda, baik itu usulan inisiatif DPRD maupun itu usulan dari eksekutif.


Dan ini kita sudah mulai ranning, sudah ada yang pasti yang dari DPRD dari lima, empat kita sudah mintakan naskah akademik dan penjelasan.


Batas tanggal 25 deadlinenya kita akan pertemuan lagi, setelah masuk naskah akademik dari tim ahli dan staf ahli akan kita laporkan kepada Ketua DPRD Sulut untuk dijadwalkan paripurna usul inisiatif DPRD dan dari situ lah kita akan melihat ini dibeti penugasan kepada bapemperda untuk membahas atau kepada panitia khusus (Pansus) yang nanti akan dibentuk oleh Pimpinan DPRD," tegasnya kepada JurnalManado.com usai rapat Senin sore tadi.


Ditambahkan legislator daerah pemilihan (dapil) Tomohon -Minahasa itu, Ketua DPRD melalui fraksi-fraksi. Tentu kita berharap sebentar nanti juga ketika dalam pembahasan, baik itu pansus, komisi atau alat kelengkapan yang terkait, kita ada satu komitmen bersama sehingga target yang sudah kita tetapkan 12 ranperda ini bisa selesaikan.


Kita tidak bisa melihat dari hanya unsur perbedaan-perbedaan warna politik, tetapi kita harus melihat bahwa ini kepentingan rakyat.


contoh, ranperda penyelenggaraan dan kesehatan hewan. ini kan penting. baru jaminan sosial ketenagakerjaan, ini juga penting. perlu disosialisasikan sebelum kita tetapkan sebagai perda.


karena ini usulan inisiatif dari DPRD sambil kami meminta kepada pihak eksekutif agar supaya cepat memasukkan naskah akademik dan penjelasan, karena kalau ini inisiatif DPRD kita sudah ranning, tinggal tujuh dari eksekutif yang sampai hari ini kita masih tunggu.


agar supaya bisa menghubungi sekretariat DPRD, dimasukkan jadwalnya kita langsung running.


Untuk usulan DPRD saya beri apresiasi kepada teman-teman, termasuk tim ahli dan staf ahli, tanggal 25 April ini sudah ada naskah akademik dan penjelasan dari empat ranperda yang sudah kita terima di luar captikus. karena captikus nanti akan hari senin.


kita akan bahas seperti tadi, setelah itu rampung kita laporkan semuanya kepada Ketua dan dijadwalkan dalam rapirpuna. (tino)