Iklan

May 14, 2022, 22:57 WIB
Last Updated 2022-05-15T05:57:17Z
PendidikanUtama

Utusan Paskibraka Sulut Siap Bersaing ke Tingkat Nasional


Jurnal Manado, Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional di Sulawesi Utara tahun 2022 akhirnya menghasilkan dua nama peserta terbaik putra dan putri. 


Setelah melakukan seleksi selama tiga hari, 09 Mei hingga 11 Mei, panitia seleksi Paskibraka tingkat nasional di Sulawesi Utara akhirnya menetapkan dua nama peserta terbaik masing -masing satu putra dan putri. 


Peserta putra utusan Kabupaten Minahasa atas nama Kurnia Isa Adolfo Onibala siswa SMA negeri 1 Tompaso menjadi peserta terbaik mengungguli empat belas siswa peserta seleksi Paskibraka utusan kabupaten kota lainnya. Sementara untuk putri, utusan Kabupaten Minahasa Utara atas nama Kenny Feren Kambey siswa SMA Negeri I Airmadidi terpilih menjadi yang terbaik. 


Gubernur Sulawesi Utara melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Marcel Sendoh menjelaskan, ketiga puluh siswa yang mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2022 ini adalah utusan terbaik dari 15 Kabupaten Kota Se Sulut. Mereka harus bersaing dan mengikuti seleksi dengan juri-juri yang kompeten. 


" Selama tiga hari siswa siswi peserta seleksi Paskibraka harus mengikuti berbagai tes seperti kesamaptaan, tes kesehatan, psykologi, tes ideologi pancasila, wawancara pengetahuan umum, ketrampilan bakat seni dan pantuhir. Semua peserta memiliki kualitas yang hampir sama, namun pada akhirnya harus memilih dan menetapkan satu pasangan putra dan putri yang terbaik dari yang terbaik", tandas Sendoh. 


Ditambahkan Sendoh bahwa 

" Sulut boleh berbangga karena tahun 2022 ini Sulawesi Utara terpilih menjadi salah satu daerah dari 5  Provinsi yg di hadiri oleh Sekretariat Militer Presiden RI pada pelaksanaan Seleksi Paskibraka, dihadiri juga Tim Badan Idiologi Pancasila Republik Indonesia yg telah turun di 34 provinsi", ungkap Sendoh.