Iklan

June 14, 2022, 06:11 WIB
Last Updated 2022-06-14T13:11:48Z
Mitra

Komitmen Pencegahan dan Penanganan Stunting, Pemdes Molompar Dua Utara Gelar Rembuk Dan Musdes


Jurnal,Mitra - Pemerintah Desa (Pemdes) Molompar Dua Utara Kecamatan Tombatu Timur menggelar Rembuk Stunting serta dilanjutkan dengan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023, Selasa 14/6/22 di Kantor Desa.


Pelaksanaan rembuk stunting desa dihadiri Tim dari Puskesmas Molompar, Pendamping Desa, Camat Tombatu Timur, Kader Pembangunan Manusia (KPM) serta Perangkat Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan dan PKK Desa.


Sudah menjadi amanat Pemerintah Pusat terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2023 untuk pencegahan dan penanganan stunting."Rembuk stunting bersifat terpusat dan diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat. Stunting menjadi prioritas pemerintah dikarenakan masalah ini memengaruhi kualitas SDM yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, dan lain-lain,"Ungkap Hukum Tua Desa Molompar Dua Utara Alfrets Tando.


Oleh karena itu, program tersebut harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor."urgensinya persoalan stunting ini maka kegiatan dilanjutkan dengan Musdes Penyusunan RKPDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting. Jika dalam dokumen RKPDes tidak ada program tersebut, maka alokasi dana desa tidak akan ditransfer untuk tahun 2023,"ujar Tando.


Dirinya menegaskan Langkah ini diambil pemerintah dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.(hak)