Iklan

July 25, 2022, 10:13 WIB
Last Updated 2022-07-25T17:14:56Z
Pemerintahan

Dinsos Sulut Apel Kesiapsiagaan


Jurnal Manado - Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut), Dr Praseno Hadi,Ak,MM, mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi inspektur pada kegiatan Apel Kesiapsiagaan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), di halaman Kantor Dinas Sosial Sulut, Senin (25/07/2022). 

Pada arahannya, gubernur memberikan apresiasi terhadap TAGANA Sulawesi Utara yang selalu siap siaga apabila terjadi bencana di sulut.


"Saya yakin seandainya terjadi bencana andalah orang pertama di lokasi, saya bangga karena kalian selalu siap di lapangan," Terangnya. 

Gubernur juga mengatakan bahwa sertifikasi sangat penting untuk itu perlu jenjang yang jelas dari tingkat muda sampai madya sehingga dapat dilantik. 

"Ini sudah di bicarakan dengan dinas terkait sehingga anggota tagana dapat mengikuti uji kompetensi," kata gubernur. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dr Rinny Tamuntuan mengatakan, apel tagana dilaksanakan dua kali setiap tahunnya. Hal ini mengingat kondisi cuaca saat ini tidak menentu sehingga perlu kewaspadaan. Upaya perlindungan sosial terhadap masyarakat korban bencana merupakan amanat UUD Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan UUD Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial. 

"Peristiwa terjadinya bencana alam di provinsi sulawesi utara ini memberi pelajaran berharga bahwa resiko yang ditimbulkan dapat diminimalisir apabila kita melaksanakan mitigasi,pengurangan resiko bencana dan kesiapsiagaan sebelum terjadi bencana," ujar Tamuntuan. 

Lanjutnya bahwa taruna tagana ini ada di 15 kabupaten kota dan akan dipersiapkan untuk mengikuti sertifikasi. 

Diketahui Kadis yang juga Penjabat Bupati Sangihe adalah pembina Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana provinsi sulawesi utara yang mengukuhkan kepengurusan forum koordinasi taruna siaga bencana provinsi sulawesi utara periode 2022-2025.

Hadir 

Kepala BPBD Provinsi Sulut, Drs Joi Oroh, Ketua PMI Sulut, Ani Dondokambey, SH, MH. Kepala Badan SAR Nasional Manado, Kepala Balai Rehabitirasi Social Tumou Tou Manado, Kepala Dinas Sosial Kab/Kota.(man)