Iklan

August 17, 2022, 15:19 WIB
Last Updated 2022-08-17T22:39:56Z
Advetorial

Ini Rangkaian HUT RI ke - 77 Bersama Gubernur dan Wakil Gubernur

 Gubernur Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sulut Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Presiden RI


Dalam rangka Peringatan HUT RI   ke - 77, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut melaksanakan Paripurna guna mendengarkan pidato Presiden RI yang dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, di Ruang Paripurna DPRD Sulut, Rabu (16/08/2022). 

Pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah isu. 



Pidato ini disampaikan di depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD), mulai dari kasus korupsi, krisis global, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga masalah ekonomi. 

Gubernur usai mengikuti paripurna kepada wartawan mengatakan, perihal pembangunan berkelanjutan hingga energi terbarukan di Sulut hingga saat ini telah mencapai 67%,”. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi mencapai 5,93%.

"Mudah - mudahan di semester tiga kita bisa capai 6%, " katanya.


77 Tahun Merdeka, Wagub Kandouw Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi


Guna mengenang jasa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (17/8/2022) tepat pukul 00.00 Wita.

Dengan penuh khidmat dan khusyuk seluruh jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen dan Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi mengikuti tahap demi tahap Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Apel ini diawali dengan perhormatan kepada Arwah Pahlawan, lalu Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Doa dan Penghormatan kepada Arwah Pahlawan.


Nampak, Wagub Kandouw selaku inspektur upacara membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian tehadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa," ucap Kandouw dalam pembacaan teks tersebut.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan dalam kebhaktian yang suadara-saudara tempuh, adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah sodara-sodara pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya," lanjutnya.

Apel kehormatan dan renungan suci itu kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor yang mengitari monumen di TMP Kairagi

Wagub menyampaikan penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Saat mengheningkan cipta, seluruh peserta apel menundukkan kepala mendoakan arwah para pahlawan yang telah rela berkorban dengan tulus ikhlas merebut kemerdekaan RI.


"Ini bentuk penghormatan kami terhadap pejuang bangsa telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Bangsa besar adalah Bangsa yang menghormati jasa pahlawannya," kata Kandouw.

Diketahui, pahlawan yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado berasal dari TNI-Polri, pejuang rakyat dan warga sipil.

Adapun Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan rangkaian HUT ke-77 RI yang berlangsung di seluruh Indonesia.


Gubernur Irup Upacara HUT RI ke - 77


Peringatan HUT RI ke - 77 dengan mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dilaksanakan dengan upacara Bendera, di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Rabu (17/08/2022). 


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. 

Dalam pelaksanaan berjalan lancar dan khidmat. 

Adapun pembacaan teks proklamasi, disampaikan oleh Ketua DPRD Sulut Andi Silangen.


Bertugas sebagai Perwira Upacara yakni Perwira Staf Operasi Detasemen Markas Lantamal VIII Mayor Marinir David Senewe, dengan Komandan Upacara yaitu Kompol Militer Lantamal VIII Koarmada II Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi. Adapun Paur Lidkrim Pomal Lantamal VIII Letda Laut (PM) Kusuma Wijanarko bertugas sebagai Komandan Paskibraka.


Sementara itu, jumlah Paskibraka keseluruhan sebanyak 30 orang, Paskibraka yang bertugas sebagai pengibar bendera yakni Jhosua Mesiano Kampohiang (Minahasa Utara), Mohzaky Londo (Bolaang Mongondow) dan Chirvel Kasjasi (Bitung), dengan Pembawa Baki yaitu Jewelly Palar (Manado) dan Zhara Ahmad (Bolaang Mongondow) sebagai pendamping.

Usai upacara, Gubernur saat diwawancarai mengatakan bahwa bersyukur karena ekonomi Sulut bangkit dari keterpurukan melebihi nasional. 


"Sama dengan falsafah sayur pare, hadapi pahit dulu baru sedap dimakan,” kata Olly. 

Pada momentum 17 Agustus ini, Olly berharap akan membangkitkan semangat NKRI. “Mari dengan semangat membangun kita jadikan Indonesia menjadi macan asia. Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” tandasnya.



Gubernur Olly Irup Penurunan Bendera HUT ke-77 RI, Berikut Susunan Pembawa Bendera dan Komandan Upacara


Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Utara berlangsung lancar pada Rabu (17/8/2022).

Bertindak selaku inspektur upacara, Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Adapun yang menjadi komandan upacara yaitu Komandan Batalyon Zeni Tempur 19/Yuda Karya Letkol CZI Hanif Tupen.

Pabanda Komsos Staf Teritorial Kodam XIII/Merdeka Mayor ARM Reynold Christian Siregar sebagai Perwira Upacara, dan Komandan Kompi Bantuan Yonzipur 19/Yuda Karya Nyata Letnan Satu CZI Roby Wicaksono. 


Untuk anggota Paskibraka, bertugas sebagai Penurun Bendera yaitu Sean Lukas (Manado), Tegar Mokoginta (Kotamobagu) dan Crivel Kasjasi (Bitung). Sementara untuk Pembawa Baki yakni Kristiani Rumagit (Kepulauan Sangihe), dengan pendamping Nagita Aulia Tajib (Kotamobagu). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, unsur Forkopimda Sulut, serta para Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administratif dan Pejabat Fungsional di lingkup Pemprov Sulut. (dkips).


Dipimpin Presiden Jokowi, ODSK Ikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih Secara Virtual


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengikuti Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur, Rabu (17/8/2022).

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kolonel Pnb. Agni Prayogo.


Penurunan Bendera Merah Putih dilakukan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinamai Pancasila Sakti. Bertugas sebagai Komandan Kelompok 8 Arnold Steven Sinaga (Sulawesi Tenggara), pembentang bendera Isra Mashel Arifin (Banten), pengerek bendera Muhammad Rajwa Al Farizi, dan pembawa bendera setelah diturunkan Ayumi Putri Sasaki (Jawa Timur). 

Kemudian bendera diserahkan kepada Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara untuk disimpan kembali.

Diketahui selesai upacara, Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dipindahkan dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional.


Hadir mengikuti Upacara Penurunan Bendera secara virtual di Rudis Gubernur, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Praseno Hadi, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut. 


Usai mengikuti upacara, Gubernur Olly secara khusus menjamu barisan Paskibraka dan seluruh pelaksana kegiatan upacara.

Gubernur bergantian mengabadikan setiap moment dengan foto bersama

(adv)