Iklan

August 5, 2022, 13:23 WIB
Last Updated 2022-08-05T20:23:29Z
Mitra

Kembangkan Mutu Pendidikan, Disdik Mitra Terapkan


Jurnal,Ratahan - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) pacu perkembangan Mutu Pendidikan siswa dilingkup satuan pendidikan, baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan inovasi yang mudah diserap siswa.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Minahasa Tenggara (Mitra) Sarah Kindangen melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Yovita Sualang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 5/8/22 mengatakan bahwa pihaknya memotivasi pengetahuan siswa dengan tiga poin inovasi yang dibuat yaitu Literasi, Numerasi serta Kreatifitas. 


Sualang menjabarkan, untuk peningkatan Literasi, bagaimana pihaknya mendorong agar kemampuan membaca siswa menjadi naik. Kemudian Numerasi, bagaimana memudahkan siswa untuk mampu dalam berhitung. Menurutnya, untuk memudahkan siswa berhitung pihaknya telah membuat lagu yang berjudul "Mitra Hebat Berhitung". Dimana lagu tersebut setiap hari wajib dinyanyikan siswa. Selanjutnya dilihat dari perkembangan siswa sampai dimana kemampuan berhitung.


"Misalnya siswa kelas 3 SD. Kalau personal siswa belum menghafal kalian 6 maka perkalian tersebut yang akan terus dilatih ke siswa tersebut dalam bentuk lagu supaya bisa menjadi lancar," kata Sualang sembari menyebut lagu diciptakan Dinas Pendidikan.


Sementara untuk Kreatifitas, tambah Sualang, siswa setiap hari (Senin, pagi)  harus melakukan tarian "Pelajar Pancasila" yang dicetuskan langsung dari Kementerian.


"Itu inovasi yang terus dilakukan kami untuk lebih mendorong kemampuan siswa baik membaca, berhitung bahkan melahirkan kreasi agar siswa tidak monoton dalam pengetahuan pelajaran sekolah," terang Sualang.


Untuk memaksimalkan program tersebut, Sualang memastikan akan selalu memonitoring disetop sekolah. Sebab pihaknya ingin semua sekolah di Mitra menjadi harapan dan kebanggan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan.


"Suksesnya pendidikan Minahasa Tenggara, tak lain datang dari kualitas pendidikan itu sendiri. Kita juga memaksimalkan program pak Bupati James Sumendap yakni Membangun Reputasi dan Prestasi," tukas Sualang. (hak)