Iklan

August 3, 2022, 23:15 WIB
Last Updated 2022-08-04T06:16:21Z
KesehatanUtama

Lobi Gubernur, RS ODSK Akan Menerapkan Sistem Pengobatan Telemedicine


Jurnal Manado - Langkah hebat dilakukan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokmabey yaitu dengan menjalin kerjasama Pusan National University Hospital (PNHU) dari Seol, Korea Selatan yang akan menerapkan uji coba telemedicine di RSUD ODSK.


Rencana kerja ini merupakan hasil tindak lanjut saat melakukan pertemuan dengan Mr Yung Soon Moon, Pakar Stem Cell Anti Aging terkenal Korsel, beberapa waktu lalu.


Adapun Telemedicine adalah pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas-fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai peralatan video conference. 


Melalui Direktur Utama RSUD ODSK dr Enrico Rawung menjelaskan, sebagai uji coba satu alat telemedicine dipasang di RSUD ODSK dan satunya lagi dipasang di Puskesmas Kolongan, Minahasa Utara.


"Nantinya akan ada interaksi antara pasien yang ada di Puskesmas Kolongan dan diperiksa tenaga medis dari RSUD ODSK maupun dokter-dokter dari Seol," ujar Enrico Rawung, Kamis (4/8).


Menurutnya, konsep ini akan berproses dan bisa direplikasi di pulau-pulau terpencil. Seperti di Miangas maupun Marore yang memiliki keterbatasan tenaga maupun alat kesehatan.


"Bulan September nanti akan dipasang alatnya. Uji coba akan dilaporkan ke Kementrian Kesehatan, kementrian lainnya termasuk pimpinan kami dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur," tuturnya.


Enrico mengatakan, telemedicine menjadi sebuah konsep yang diyakini mengatasi masalah disparitas kesehatan di Indonesia, terutama di pulau kecil.


"Konsep metafes akan mereka kembangkan. Namun yang saat ini fokus pada laboratorium yang simpel seperti mata, periksa darah, urine. Tapi kalau antara rumah rakit ke rumah sakit kalau yang digital sudah bisa lebih timggi dan lebih lengkap lagi. Tapi untuk tahap awal kita fokus pada daerah remote yang terpencil," pungkasnya.


Diketahui, medio Mei 2022 Gubernur Sulut Olly Dondokambey mendampingi Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri menghadiri Presiden Korsel yang baru. 


Pada kesempatan itu, Gubernur Olly melaksanakan meeting bersama Pakar Antiaging Korea Selatan (Korsel), Yung Soon Moon. Gubenur dan Korsel berminat akan kerjasama dengan RSUD ODSK dalam pengembangan teknologi.


Tindak lanjut pertemuan itu, Mr Yung Soon Moon, mengunjungi Sulut, Jumat (15/7/2022).


Gubernur pun berhasil meyakinkan Mr Moon untuk membantu mengembangkan kerja sama stem cell anti-aging dan telemedicine dalam memperkuat pengembangan pariwisata.


sekaligus pengembangan layanan kesehatan merata di semua kabupaten/kota di Sulut dengan pusatnya di RSUD ODSK


Dalam pertemuan itu, Mr Moon yakin RSUD ODSK bahkan Sulut akan menjadi Center of Stem Cell Anti-Aging di Indonesia.


Jika demikian maka akan memicu kunjungan wisatawan sebagaimana diprogramkan Gubernur Olly Dondokambey


Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, Mr Moon berminat akan kerjasama dengan RSUD ODSK dalam pengembangan teknologi antiaging.


"Ini satu langkah maju bagi kemajuan rumah sakit di Sulawesi Utara," ungkap Gubernur Olly Dondokambey.


Adapun terapi Stem Cell (sel punca) merupakan metode digunakan dalam dunia kecantikan.


Fungsinya untuk memperbaiki dan meregenerasi berbagai jenis jaringan dan organ dalam. Semisal untuk peremajaan kulit, peningkatan payudara, dan pembentukan tubuh. (*)