Iklan

August 5, 2022, 23:59 WIB
Last Updated 2022-08-06T06:59:14Z
PemerintahanPendidikanUtama

Peringati Hari Anak, Ini Pesan Wagub Kepada Orang Tua

Wagub Saat Memberikan Kuis Kepada, Salah Satu Anak 

Jurnal Manado – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tahun merupakan bagian penting dalam upaya bersama mengampanyekan pemenuhan hak dan perlindungan anak indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden Repuplik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 telah ditetapkan Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli yang dilaksanakan oleh pemerintah tingkat pusat dan daerah serta perwakilan RI di luar negeri. Hal ini untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Untuk itu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P3AD) Sulawesi Utara (Sulut), menggelar kegiatan peringatan hari anak dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Alam, dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulut, Praseno Hadi didampingi Kepala DP3A Sulut, dr. Kartika Devi Tanos dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut.

Wagub dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada DP3A. 

"Apresiasi kepada DP3A yang telah melaksanakan kegiatan ini dan nantinya hari anak dunia akan dipusatkan di Sulut pada november mendatang," terang Wagub, Sabtu (06/08/2022) 

Wagub juga mengingatkan amanat undang - undang terkait anak. 


“Sudah menjadi tugas bersama sesuai undang-undang untuk memfasilitasi kepada anak-anak kita, baik mental maupun spritual. Ada 14 permohonan dari anak-anak yang sudah disampaikan dan hampir semua ada benang merah dengan tupoksi pemerintah, juga pihak kepolisian dan sudah terjawab melalui 3 Polres yang ada di Sulut dengan cepat merespon kasus-kasus seperti pelecehan perempuan, kekerasan anak serta memberikan perlindungan kepada perempuan dan anak,”kata Kandouw. Sembari mengajak kepada orang tua agar menciptakan rasa percaya diri. 

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan baik kepada sejumlah instasi dinas dan juga bagi tiga (3) Polres yakni, Polresta Kota Manado, Polresta Kota Tomohon dan Polresta Kota Kotamobagu dengan kategori terbaik atas dedikasi dan keberhasilan dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap perempuan dan anak yang responsif.

(man)