Iklan

September 23, 2022, 05:40 WIB
Last Updated 2022-09-23T12:40:23Z
Advetorial

DPRD Sulut, Gelar Rapat Paripurna Hut ke 58 Tahun Provinsi Sulut


JurnalManado - Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dokter Fransiscus Andi Silangen memimpin rapat paripurna dalam rangka hut Provinsi Sulawesi Utara ,(Sulut) ke 58.


Dalam pengantar disela-sela hut ke 58 Ketua Dewan mengatakan , bentangan sejarah berdirinya Provinsi Sulut sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagian besarnya meninggalkan cerita indah tentang peran strategis anak bangsa dari daerah Sulut sejak bumi nusantara berdiri sebagai sebuah negara bangsa.



Tak terbantahkan. Andil besar dr GSSJ Sam Ratulangi, AA Maramis, Arnold Mononutu, dan sejumlah anak negeri Minahasa, Sangihe, dan Bolaang Mongondow yang silih berganti mengisi panggung pengabdian bagi kejayaan NKRI tercinta. 


Lepas dari berbagai persepsi, berkenaan dengan fakta sejarah permesta atau perjuangan rakyat semesta yang digagas oleh tokoh-tokoh Minahasa dengan semangat nasionalismenya yang tinggi, kita semua tidak dapat memungkiri bahwa perjuangan rakyat Sulawesi, termasuk di dalamnya rakyat Sulut yang intinya mendorong pemerintah supaya memperhatikan pembangunan negeri secara menyeluruh, karena pada saat itu pemerintah hanya fokus pada pembangunan di pulau Jawa, merupakan embrio lahirnya era reformasi dan otonomi daerah yang kita nikmati saat ini yang dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan hal yang ideal bagi sebuah bangsa besar yang dibangun dari berbagai perbedaan latar belakang.


Peran luhur leluhur kita inilah yang kiranya akan menginspirasi dan memotivasi pemerintah dan segenap komponen masyarakat Sulut untuk melanjutkan karya pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman.

Perjalanan panjang daerah Sulut hingga tiba diusia ke-58 tahun dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan, tentulah tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin daerah sebelumnya yang didukung oleh segenap komponen masyarakat. 


Kiprah dan karya putra putri terbaik Sulut tercatat dengan tinta emas dalam lintasan sejarah bangsa. Tradisi mencetak prestasi bagi negeri ini terus dilanjutkan oleh para pemimpin daerah kita tercinta, termasuk di dalamnya Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw yang terus menggerakkan semua sektor pembangunan.


Sehingga kerja tulus ini diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk oleh pemerintah pusat. Diantaranya, dengan diterimanya sejumlah penghargaan disepanjang tahun 2022 antara lain:



•Penghargaan kementerian pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik indonesia terkait tata kelola dalam pelaksanaan reformasi birokrasi;

•Penghargaan sebagai mitra pers dari persatuan wartawan indonesia (pwi) pusat;

Penghargaan kementerian perhubungan republik indonesia, sebagai pemenang dalam kategori pemerintah daerah sebagai inisiator pemodelan jaringan trayek perintis terbaik dalam perintis awards 2022;


Berbagai penghargaan yang diterima ini, berimplikasi pada pencapaian-pencapaian di berbagai sektor. Diantaranya pada sektor perekonomian. Sulut melalui badan pusat statistik mencatatkan pertumbuhan ekonomi dengan progres yang baik, tumbuh diangka 5,93% secara year on year atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada angka 5,44% di triwulan II tahun 2022.

Kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut tercinta melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. 

Berkenaan dengan fungsi pembentukan perda, dalam tahun 2022 ini DPRD bersama pemerintah daerah berada dalam tahap akhir pembahasan 5 (lima) peraturan daerah. 

Seiring dengan itu, telah pula ditetapkan 15 keputusan DPRD dan 2 nota kesepakatan bersama. 

Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 dan ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021. 


Terakhir, fungsi pengawasan. DPRD telah melakukan 51 kali rapat dengar pendapat dan rapat-rapat lainnya, menerima 12 aspirasi, baik aspirasi secara langsung maupun aspirasi secara tertulis. 

Pada sisi lain, DPRD juga menerima 75 kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota DPRD baik dari luar daerah maupun dari kabupaten/kota se-Sulut.

Dalam rangka menyelami kebutuhan dan kerinduan masyarakat, sebagaimana amanat undang-undang, DPRD terus berkomitmen dan berupaya secara maksimal menjalankan fungsi sebagaimana diamanatkan undang-undang. Diantaranya menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan dan sosialisasi peraturan daerah sekaligus mengawasi implementasi peraturan daerah, yang semuanya ditujukan untuk memastikan pelaksanaan pembangunan daerah berpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk mendukung upaya dan komitmen ini, beragam langkah terobosan dan inovasi telah dilakukan oleh DPRD. Diantaranya dengan menginisiasi penyampaian aspirasi masyarakat secara online. 

Aplikasi e-aspirasi diyakini akan makin meningkatkan kinerja, kapasitas dan tanggungjawab DPRD dalam menindaklanjuti setiap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Karena sebagai anggota DPRD kita bukan sekedar wakil rakyat, tapi juga kita adalah pelayan masyarakat. Dimana setiap harapan dan kerinduan rakyat diletakkan dipundak kita sekalian.

Sementara itu gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan,Kebersamaan dan penyertaan Tuhan telah membawa kita pada hari yang membahagiakan ini, Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara yang ke lima puluh delapan. Kebersamaan juga telah memampukan kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, menghadapi tantangan, dan melanjutkan cita-cita perjuangan, memacu gerak pembangunan.

Menciptakan suatu iklim kebersamaan itu tidak 

gampang, tetapi jika kebersamaan bisa kita hadirkan dalam keseharian kita, niscaya akan begitu besar impact yang diberikan. Kita ingat, bahwa Provinsi Sulawesi Utara berdiri karena para Pendahulu menjunjung tinggi kebersamaan. Untuk itu, Saya atas nama pribadi dan selaku Pimpinan di Provinsi Sulawesi Utara saat ini, menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih bagi Pendiri Provinsi Sulawesi Utara.

Dengan menyadari luar biasanya kebersamaan 

ini, maka di HUT ke-58 Provinsi Sulawesi Utara, kita angkat tema “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”.

Tema sederhana, yang Saya kira bermakna besar, luas dan relevan dengan kondisi kita kini, yang sedang berjuang mempercepat pemulihan akibat pademi.


Tema HUT Provinsi kita tahun ini juga linier dengan tema Presidensi G20 Tahun 2022, yaitu: “Recover Together, Recover Stronger” yang merupakan sebuah ajakan kepada masyarakat dunia untuk bahu-membahu, saling mendukung untuk pulih bersama, serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan. Disamping itu, sinkron dengan tema HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia:

“Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.B apak/Ibu, Hadirin, Saudara-Saudara yang Saya hormati dan banggakan, Selayaknya kita mensyukuri hari ini, sekaligus dapat menjadikan hari ini sebagai momentum untuk berkontemplasi, memperkuat kebersamaan dan menyelaraskan persepsi, menyamakan langkah dalam melaksanakan misi untuk menggapai satu visi. Jika kita menoleh kebelakang sebelum hadirnya pandemi, banyak capaian membanggakan, yang sama-sama kita torehkan. Beragam potensi daerah dapat kita optimalkan. Sektor-sektor strategis berhasil kita akselerasi, bahkan ada yang melebihi prediksi dan target sebagaimana telah ditetapkan. 

Progresivitas yang kita tunjukan di semua sektor, senantiasa menambah spirit kita, menambah semangat semua komponen pembangunan, dan juga sumbangsih seluruh masyarakat, dalam langkah membawa Sulawesi Utara menuju Sulut Hebat, yang maju dan sejahtera. 

Di awal tahun 2016, kita berhasil membuka akses penerbangan langsung dari Manado ke 7 kota di Republik Rakyat Tiongkok, sehingga arus wisatawan mancanegara asal Tiongkok membanjiri daerah Sulut.

Dampaknya begitu besar ke semua sektor, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah. Selain itu, pada Oktober 2016, banyak sarana penunjang konektivitas diresmikan. Salah satunya Bandara Miangas yang dibangun dengan anggaran Rp.275 miliar, dan menjadi bandara domestik pertama di pulau terluar, yang diresmikan Bapak Presiden Jokowi.

Di tahun 2017, kita berhasil membuat Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Sulawesi Utara mencapai sebesar 95,04 persen, dan berada pada rangking ke-1 Nasional. Disamping itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menandatangani prasasti Palapa Ring Paket Tengah, dimana Palapa Ring Paket Tengah ini memiliki peran memfasilitasi interaksi dan komunikasi diantara kelompok masyarakat lewat jaringan internet yang optimal, dan menghubungkan antar wilayah, antar Provinsi, antar Kabupaten/Kota, bahkan antar Pulau-Pulau Kecil Terluar, serta mendukung aktivitas pemerintahan, pemerataan pendidikan, dan menggerakan roda perekonomian yang ada di wilayah-wilayah potensial. Di tahun 2018, kita menggagas, dan berhasil melaksanakan program PERKASA (Perlindungan bagi Di awal tahun 2016, kita berhasil membuka akses penerbangan langsung dari Manado ke 7 kota di Republik Rakyat Tiongkok, sehingga arus wisatawan mancanegara asal Tiongkok membanjiri daerah Sulut.

Dampaknya begitu besar ke semua sektor, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Selain itu, pada Oktober 2016, banyak sarana penunjang konektivitas diresmikan. Salah satunya Bandara Miangas yang dibangun dengan anggaran 

Rp.275 miliar, dan menjadi bandara domestik pertama di pulau terluar, yang diresmikan Bapak Presiden Jokowi.

Di tahun 2017, kita berhasil membuat Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Sulawesi Utaram encapai sebesar 95,04 persen, dan berada pada 

rangking ke-1 Nasional. Disamping itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menandatangani prasasti Palapa Ring Paket Tengah, dimana Palapa Ring Paket Tengah ini memiliki peran memfasilitasi interaksi dan komunikasi diantara kelompok masyarakat lewat jaringan internet yang optimal, dan menghubungkan antar wilayah, antar Provinsi, antar Kabupaten/Kota, bahkan antar Pulau-Pulau Kecil Terluar, serta mendukung aktivitas pemerintahan, pemerataan pendidikan, dan menggerakan roda perekonomian yang ada di wilayah-wilayah potensial.

Di tahun 2018, kita menggagas, dan berhasil melaksanakan program PERKASA (Perlindungan bagi Di awal tahun 2016, kita berhasil membuka akses penerbangan langsung dari Manado ke 7 kota di Republik Rakyat Tiongkok, sehingga arus wisatawan mancanegara asal Tiongkok membanjiri daerah Sulut.

Dampaknya begitu besar ke semua sektor, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Selain itu, pada Oktober 2016, banyak sarana penunjang konektivitas diresmikan. Salah satunya Bandara Miangas yang dibangun dengan anggaran Rp.275 miliar, dan menjadi bandara domestik pertama di pulau terluar, yang diresmikan Bapak Presiden Jokowi.

Di tahun 2017, kita berhasil membuat Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Sulawesi Utaramencapai sebesar 95,04 persen, dan berada pada rangking ke-1 Nasional. Disamping itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menandatangani prasasti Palapa Ring Paket Tengah, dimana Palapa Ring Paket Tengah ini memiliki peran memfasilitasi interaksi dan komunikasi diantara kelompok masyarakat lewat jaringan internet yang optimal, dan menghubungkan antar wilayah, antar Provinsi, antar Kabupaten/Kota, bahkan antar Pulau-Pulau Kecil Terluar, serta mendukung aktivitas pemerintahan, pemerataan pendidikan, dan menggerakan roda perekonomian yang ada di wilayah-wilayah potensial.

Di tahun 2018, kita menggagas, dan berhasil melaksanakan program PERKASA.

Turut hadir pada acara hut ke 58 Tahun Menteri Koperasi Republik lndonesia Teten Masduki sekaligis memberikan sambutan hut Provinsi, mantan Gubenur dan Wakil Gubernur Sulut. Bupati/Wakil, Walikota dan Wakil Walikota se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Forkonpimda dan Sekrov dan sejumlah pejabat eselon ll dilingkungan Pemprov Sulut Sekwan Glady Kawatu.

(tino/ADV)