Iklan

September 8, 2022, 15:10 WIB
Last Updated 2022-09-08T22:12:20Z
DinamikaManadoPemerintahanUtama

HUT Provinsi Sulaweai Utara ke - 58, Mari Makan Sashimi Rekor Muri


Jurnal Manado - Salah satu kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke - 58 adalah pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) makan sashimi terberat 500 Kg dan terbanyak 2.500 orang.

Kegiatan akbar ini direncanakan tanggal 12 - 25 September 2022 di Kawasan Megamas Manado. 


Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara), Erwin Situmorang mengatakan, terkait pelaksanaan kegiatan untuk memeriahkan HUT Provinsi Sulut, maka menampilkan produk atau komoditas andalan Bumi Nyiur Melambai yakni ikan tuna.


“Kota Manado merupakan daerah yang kompetitif dalam pengolahan ikan apalagi tuna, sehingga pemecahan rekor MURI ini harus kita dukung,” ungkapnya pada konferensi pers Pemecahan Rekor MURI Makan Sashimi Terberat dan Terbanyak, Kamis (8/9/2022).


Sementara itu, Wali Kota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya, menyambut baik kegiatan ini. Untuk itu dirinya berharap agar masyarakat Kota Manado bisa ikut terlibat dalam pemecahan rekor ini.


“Kegiatan ini sangat baik karena bisa mendorong masyarakat untuk lebih mencintai konsumsi hasil laut berupa ikan,” tambahnya.


Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Sulut, Tieneke Adam, mengharapkan dengan adanya Festival Tuna ini, akan turut memulihkan lebih cepat dan menggelorakan kembali perekonomian di Sulut, meningkatkan investasi, serta memberikan dampak positif dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan.


Kata Tinneke, untuk kedepan mampu semakin giat mendorong potensi ekspor daerah, dan membangkitkan semangat untuk bersama-sama berjuang melawan keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, demi kemajuan di masa yang akan datang.


“Semoga apa yang menjadi harapan kita untuk mendorong peningkatan ekonomi daerah dan Negara menjadi kenyataan, dan turut menghentar Indonesia, menghentarkan Sulut pada kemajuan. Mari Bangkit Bersama, untuk Sejahtera Bersama,” tambahnya.


Untuk bisa menjadi peserta makan sashimi, masyarakat tinggal mendaftar dengan membuka website www.festivaltunasulut.com. Setelah terdaftar, nantinya akan keluar barcode yang dikirim lewat email peserta. Nantinya barcode ini ditunjukkan kepada panitia untuk mendapatkan sashimi di lapangan basket kawasan Mega Mall.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Keamanan Hasil Perikanan Manado, Ikatan Pengusaha Perikanan dan Para Eksportir Perikanan.(*)