Iklan

October 2, 2022, 09:30 WIB
Last Updated 2022-11-17T16:33:48Z
Pendidikan

Pemegang Tongkat Estafet, Kumaat Ingatkan Mahasiswa Harus Menjadi Pelaku Aktif Idiologi Pancasila


jurnalmanado – Mahasiswa sebagai pemegang tongkat estafet masa depan bangsa, dituntut memiliki pemikiran berpola pada ideologi Pancasila.


Rektor Universitas Sama Ratulangi (Unsrat)Manado, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA mengingatkan para generasi muda ini, untuk menjadi pelaku aktif ideologi Pancasila.


“Generasi muda harus benar-benar dapat menyadarinya serta menjadi pelaku aktif ideologi Pancasila,” ungkapnya 



Rektor juga mengajak mahasiswa untuk bangga menjadi warga negara Indonesia dan turut berpartisipasi aktif sebagai pewaris budaya serta tidak ragu menguatkan identitas bangsa.


“Banggalah menjadi warga negara Indonesia. Karena itu berpartisipasilah secara aktif sebagai pewaris budaya. Dan sematkan hal itu sebagai identitas bangsa,” tandasnya.


Sebagai keynote speaker, Rektor Prof Kumaat dalam presentasinya yang mengusung tema ‘Memaknai dan Menghidupkan Nilai-Nilai Pancasila’, kembali menyampaikan dalam kondisi negara sekarang ini, nilai-nilai Pancasila dapat mengantarkan pada penyadaran spiritual. 


“Bahkan menumbuhkan nilai empati dan toleransi yang dapat menjadi perekat kesatuan dan persatuan, apalagi menghadapi intoleransi social, radikalisme dan primordialisme,” tegasnya.


Sebelumnya, Pangdam XIII/Merdeka Sulawesi Utara Mayjen TNI Denny Tuejeh yang menjadi pembicara pertama, dengan tema ‘Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Maju’ itu, menjelaskan bahwa Pancasila adalah tepat bagi bangsa Indonesia.


“Karena hakikat Pancasila adalah jiwa dan keperibadian bangsa, pemersatu bangsa serta perjanjian luhur bangsa,” sebutnya.(wik)