Iklan

November 28, 2022, 01:46 WIB
Last Updated 2022-11-28T10:14:42Z
AdvetorialPariwisataUtama

Dorong Program ODSK, Dinas Kebudayaan Gelar Lomba Alur Kisah Bersama

Kadis Ir Janny Lukas MSi. Saat Memberikan Sambutan Pada Pembukaan Lomba Alur Kisah Bersama 


jurnalmanado.com - Dalam rangka Peningkatan pelayanan dan akses masyarakat terhadap Museum di Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw melalui Dinas Kebudayaan Daerah yang dipimpin Kadis Jani N Lukas. S.Pi.M.Si

 Menggelar Lomba Alur Kisah Bersama yang diikuti siswa -siswa sekolah menengah pertama.

Dikatakan Kadis Kebudayaan Daerah Ir Janni Lukas MSi  setelah melewati pandemi,  sekarang aktivitas dinas kebudayaan dimulai kembali dengan berbagai kegiatan seperti saat ini lomba alur kisah bersama di Museum dan kedepan lomba cerdas cermat museum.


Menurutnya, maksud pelaksanaan kegiatan yang meningkatkan pemahaman dan apresiasi tentang museum dan koleksinya, sehingga dapat menunjang pengembangan program museum daerah di Sulawesi Utara 

"Pengembangan Museum Sulawesi Utara dalam rangka menunjang undang - undang pemajuan kebudayaan dan pokok pokok pikiran kebudayaan daerah sulawesi utara. Lewat kegiatan ini bagi siswa -siswi dan perguruan tinggi akan diberikan informasi pengetahuan dan wawasan lebih dekat dengan warisan budaya khususnya di Sulut,"terangnya.


Lanjut Lukas, masyarakat yang berkunjung ke museum dengan sendirinya akan menimbulkan kesadaran serta dapat memiliki tradisi budaya dan bersejarah menjadi catatan daerah sulut, dimana  museum jadi jendela serta berada di museum ada gambaran peradaban masyarakat.

” Museum adalah etalase peradaban dan berfungsi saranan informasi dan pengembangan mengali sejarah sebagai ilmu pengetahuan karena di luar negeri museum diperhatikan, sehingga dan kegiatan alur kisah dimana anak didik mempelajari koleksi museum dan memahami cerita informasi peninggalan sejarah dan dilombakan, “pungkas Lukas. 


Juri pada kegiatan lomba yaitu Dr Alfons Kimbal, Prof Raymond Pasla, Florence Moroki, Robby Kolibu, Johannes Mamahani.


(man)