Iklan

November 25, 2022, 03:34 WIB
Last Updated 2022-11-25T11:34:44Z
Mitra

Hadiri Kegiatan Diskominfo-SP Mitra, Mokosolang : Pentingnya Pengelolaan Dalam Pengamanan Informasi


Jurnal, Mitra - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Minahasa Tenggara (Mitra), gelar kegiatan Operasionalisasi Jaring Komunikasi Sandi Pemerintah, Bertempat di Ruangan Kantor Diskominfo-SP Mitra, Kamis 24/11/22.


Asisten 1 Pemkab Mitra Arnold Mokosolang saat membuka kegiatan mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan tatakelola pemerintah yang bersih dan transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang mampu mengakselerasi pertumbuhan Kabupaten Minahasa Tenggara sesuai Visi dan Misi Kabupaten Mitra.


“Sistem pemerintahan berbasis elektronik akan memberikan kemudahan kepada masyarakat,” terang Arnold Mokosolang


Lanjut dia, kendati demikian akibat kemudahan itu juga akan memunculkan ancaman keamanan data maupun transaksi informasi berbasis elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk kepentingan mereka


“Disinilah peran persandian dalam pengamanan informasi. Persandian harus mampu memberikan jaminan keamanan dalam pemerintah daerah sehingga peran persandian bukan hanya menyangkut kerahasiaan saja, tetapi persandian memiliki peran dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan dalam pengamanan informasi,” tukas Mokosolang mengutip sambutan Bupati James Sumendap.


Kepala Diskominfo-SP Mitra Eva Makaenas menambahkan, sehubungan dengan adanya perkembangan era digital saat ini, penerapan e-government merupakan suatu keharusan sesuai dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik


“Penggunaan sertifikat elektronik merupakan satu cara memberikan keamanan informasi dalam transaksi elektronik untuk mendukung tata pemerintahan berbasis elektronik,” ujar Eva Makaenas


Kata dia, penggunaan tanda tangan elektronik dapat meningkatkan pekerjaan kita sehingga menghemat waktu mengefisiensikan anggaran dan biaya.


“Bisa mengurangi penggunaan kertas dan juga telah diakui secara hukum atau legal,” jelasnya


Lanjut dia, kondisi ini juga diperkuat dengan pandemi yang saat ini masih terjadi sehingga membuat kita dapat bekerja dimana saja, termasuk dari rumah dan tempat lain. Dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan setiap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara


“Meningkatkan kepedulian keamanan informasi melalui pemanfaatan sertifikasi elektronik/tanda tangan elektronik, guna melindungi keutuhan dan keaslian informasi Pemerintah Daerah sebagai penunjang Sistem pemerintah berbasis elektronik,” pungkas Makaenas didampingi Kepala Bidang Persandian Jan Manoppo.


Turut hadir dalam kegiatan, Kasubang Umum dan Kepegawaian semua OPD dan Kecamatan di Mitra, Staf Khusus Bupati Rico Lumbu, dengan pemateri kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Data pada Dinas Komunikasi Statistik dan Persandian Marthen Solang. (hak)