Iklan

November 11, 2022, 18:01 WIB
Last Updated 2022-11-12T02:01:09Z
MitraUtama

Sekretaris PABPDSI Sulut Frangki Solang : Rakornas BPD II Hasilkan 4 Rekomendasi


Jurnal,Mitra - Bintek dan Rakornas BPD II di Hotel Trumtum Padang sumatra Barat 8-10/11/2022 menghasilkan beberapa poin penting baik Eksternal dan Internal.


Sekretaris PABPDSI Sulut Frangki Solang mengungkapkan bahwa pelaksanaan Rakornas BPD II menghasilkan 4 Rekomendasi yaitu

1. Rekomendasi Eksternal

- adanya perhatian soal anggaran kesejahteraan dan pelatihan terhadap BPD baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan.

2. Rekomendasi internal

- konsolidasi organisasi PABPDSI dari tingkat pengurus pusat, pengurus prov, pengurus kab, pengurus kecamatan dan anggota BPD seluruh Indonesia.

3. Sekolah Desa terpadu Indonesia

4. Inovasi Desa Digital dlm mewujudkan keterbukaan informasi publik."Rekomendasi tersebut akan diteruskan oleh Pengurus DPP kepada pemangku-pemangku kepentingan baik Eksternal dan Internal,"terangnya.


Dirinyapun merasa bangga karena Pada kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) II tersebut Utusan dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diberikan kepercayaan untuk memimpin Sidang."Ketua kami di Sulut Bung Sony Pondalos SE yang juga merupakan Ketua BPD Desa Betelen Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara sekaligus selaku Wakil Ketua DPP PABPDSI (Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia) dipercayakan untuk pimpin sidang Rakornas, ini merupakan kebanggan kami, begitupula sebagai warga Sulut pada umumnya,"Ujar Frangki Solang yang juga Ketua BPD Desa Poniki Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara.


Iapun menambahkan bahwa sebelumnya dilaksanakan Bimtek untuk Peningkatan kapasitas BPD."Ini merupakan modal untuk bersama-sama dalam mengisi dan menyukseskan pembangunan di desa. Optimalisasi tugas dan fungsi BPd dalam rangka mendukung penyelengaraan Pemerintahan Desa yang Efektif, Efisien dan Akuntabel untuk peningkatan pelayanan publik hingga memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,"tambah Solang.


Bintek dan Rakornas BPD II tersebut dihadiri Kementerian Desa Transmigrasi dan Daerah Tertingga melalui Dijen Bina Pemdes, Dr Eko Prasetianto, Ketua Umum PABPDSI, Fery Radiansyah,ST., MM, Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, Staf ahli mentri desa dan Ketua APDESI Suta Wijaya.(hak)