Iklan

November 29, 2022, 19:14 WIB
Last Updated 2022-11-30T03:14:24Z
Mitra

Upacara HGN Dan HUT PGRI, Sumendap : Guru Adalah Teladan dan panutan serta inspirasi

Jurnal,Mitra - Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HGN) Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) ke 77 di Kabupaten Minahasa sukses digelar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk upacara memperingati akan momen bersejarah bagi para guru yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)


Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH MH, memimpin langsung upacara peringatan HGN dan HUT PGRI Ke 77 yang dilaksanakan di  Pantai Lakban, Kecamatan Ratatotok, Senin 28/11/22.


Dengan disambut Tarian kebesaran dari anak anak SMPN 3 Ratahan di Wioi, orang nomor satu di Mitra ini langsung memasuki podium yand siapkan oleh panitia.


Dalam sambutannya, Bupati Semendap menyampaikan, terima kasihnya kepada seluruh guru  atas semua perjuangan yang telah dicurahkan untuk mendidik, melatih para siswa sehingga boleh menjadi orang yang berbakti.


“ Terima kasih saya sampaikan bagi para guru yang telah berjuang mendedikasikan untuk mendidik para siswa sehingga menjadi sukses di era generasi emas, teristimewa  di Kabupaten Mitra. Berkat dedikasi yang besar itu menghantar Mitra melangka lebih maju kedepan kearah yang lebih baik,”ujar Sumendap.


Dikatakan sang Gladioator Mitra, Guru adalah teladan dan panutan serta inspirasi dan menjadi idola para siswa,


“ Tanpa didikan guru, saya dan seluruh yang hadir tidak mungkin berada di pantai Lakban ini. Saya tidak akan menjadi Bupati dan tanpa guru juga saya tidak akan lulus SD, SMP, SMA hingga Universitas,”ujar Bupati dua periode tersebut


Ditambahkannya, guru tidak hanya sebatas pengajar, namun mampu menembus nilai-nilai kekeluargaan. Lewat didikan guru inilah kita mendapatkan bimbingan dan apa yang tidak diajarkan dalam rumah tangga. Untuk  itu guru adalah bagian dari keluarga kita.


“ Sebab itu hormatilah guru, karena lewat penghormatan terhadap para pahlawan tanpa jasa ini menandakan siswa yang beriman dan berakhlak,” ujar Calon Gubernur Sulut ini.


JS,panggilan akrab Bupati Mitra ini berpesan bahwa, dengan adanya arus informasi yang semakin canggih dan para siswa semakin mudah dalam mendapatkan  pengetahuan, para guru juga mampu mengimbangi dengan pola belajar yang bermutu. Sebagai seorang guru haruslah bergerak bersama untuk menerapkan merdeka belajar sebab inovasi itu bagian dari adaptasi perubahan.


 


“ Saat ini, arus informasi itu penting, akan tetapi kita harus hati-hati terhadap arus globalisasi, karena tanpa disaring maka itu berbahaya bagi masa depan anak bangsa, dimana meraka mempunyai tanggung jawab sebagai tonggak estafet dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesi yang kita cintai ini,” ujar JS.


Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Mitra Drs Jesaya Jouke Legi, Forkopimda,Ketua DPRD Kabupaten Mitra Marty Ole, Sekda David Lalandos AP,MM, Pimpinan dan kepala SKPD, Camat, para Guru , siswa dan undangan lainnya. (hak)