Iklan

January 4, 2023, 02:19 WIB
Last Updated 2023-01-04T10:19:31Z
AdvetorialUtama

Sulut Hebat. Ini Sederet Penghargaan Pemprov Sulut


jurnalmanado.com - Sulawesi Utara ditangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus tumbuh dan berkembang. Baik infrastruktur maupun ekonomi hingga tingkat sosial dimasyarakat. 

Terbukti di tahun 2022, sederet penghargaan diberikan pusat kepada pemprov sulut sebagai wujud keberhasilan dalam pengelolaan daerah. 

Adapun penghargaan yaitu :

1. Penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB).

Gubernur Menerima Penghargaan Harmony Award Tahun 2021 dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB)

penghargaan dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) yakni penghargaan Harmony Award Tahun 2021.

Penghargaan ini diberikan atas pencapaian Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam menciptakan dan menjaga keharmonisan serta kerukunan antar umat beragama yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini dengan selogan 'Torang Semua Ciptaan Tuhan'.

2. Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan kategori "sangat baik".

Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi mewakili Gubernur Sulut menerima langsung penghargaan.(ist)

Penilaian ini dilakukan terhadap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah se-Indonesia terhadap kualitas pengisian JPT yang telah dilaksanakan di instansi masing-masing.

keberhasilan ini karena keseriusan Gubernur Olly dalam menerapkan sistem merit.

3. Penghargaan BKN Award 2022.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menerima penghargaan BKN Award 2022 dari  Kepala BKN Bima Haria Wibisana, di Hotel Four Point.


“Dipahami bahwa BKN Award atau Pemberian Penghargaan Manajemen ASN diberikan kepada Daerah yang dianggap terbaik dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat bersyukur selalu mendapat apresiasi serta dukungan, bahkan spirit dari BKN, dalam penyelenggaraan manajemen ASN,” ucap Gubernur Olly.


4. Penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menerima Penghargaan Primaniyarta 2022 dari Presiden Joko Widodo, Kategori Kepala Daerah Pendukung Ekspor 2022 (foto:Ist)

Presiden Joko Widodo menganugerahkan penghargaan Primaniyarta tahun 2022 kepada Gubernur Olly Dondokambey, sebagai kepala daerah terbaik pendukung Ekspor.

Gubernur Sulawesi Utara Sabet Penghargaan Primaniyarta 2022, Kepala Daerah Terbaik Pendukung Ekspor di Indonesia. Penghargaan diberikan pada momen Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 dirangkaikan dengan Pemberian Penghargaan Primaniyarta 2022. Di Hall Nusantara 1 dan 1, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022).

5. Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi, dengan predikat “The Best”.

Penghargaan ini merupakan bukti ikhtiar Pemprov Sulut dalam skema kerja yang tersinergi dengan Pemerintah Pusat untuk memberikan proteksi bagi para pekerja dalam bentuk Jaminan Sosial bagi para pekerja.


Sabetan predikat “The Best” yang diraih Pemprov Sulut mengungguli provinsi-provinsi lain yaitu Jawa Barat, Papua Barat dan DKI Jakarta yang masing-masing duduk di peringkat 1, 2 dan 3.

6. Penghargaan BI Award 2022 dari Bank Indonesia (BI).

Gubernur Olly Dondokambey menyabet Bank Indonesia Awards atau BI Awards. (Ist)

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menjadi 1 dari 4 Gubernur di Indonesia yang menerima anugerah Bank Indonesia Award 2022.

Penghargaan ini diberikan karena Gubernur Olly Dondokambey dinilai telah berhasil membawa Sulut sebagai Pemerintah Provinsi dengan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terbaik di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

7. Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur Development Fund (RIDF).

Diwakili Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw Saat Menerima Penghargaan. (ist) 

Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja Terbaik dalam Melaksanakan Pembangunan melalui Program Regional Project Closing Workshop Infrastruktur Development Fund (RIDF) di Radisson Golf & Convention Center Batam, Rabu (7/12)

Penghargaan ini adalah wujud nyata kinerja Pemerintah Provinsi Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw yang berhasil membangun RSUD ODSK dan Rumah Sakit Mata (RSM) Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan memanfaatkan Dana Pinjaman Daerah yang diperoleh dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) melalui program RIDF (Regional Infrastruktur Development Fund).


8. Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan predikat “Baik”.


Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dinilai berhasil menerapkan sistem merit dalam pemerintahanya.

Keberhasilan ini membuat Gubernur OD menerima Anugerah Meritokrasi tahun 2022 dengan Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Grand Sahid Hotel Sudirman, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

9. Penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), mendapatkan posisi terbaik III dalam kategori provinsi wilayah Kawasan Indonesia Timur yang dinilai optimal melakukan akselerasi digitalisasi


Penghargaan itu diberikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, selaku Ketua Pengarah Satgas Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Provinsi Sulut mendapatkan posisi Terbaik III Kategori Provinsi Wilayah Kawasan Indonesia Timur.

Pencapaian tersebut merupakan komitmen Pemprov Sulut dalam mewujudkan digitalisasi daerah di berbagai sektor terutama di bidang ekonomi dan keuangan daerah.

10. Penghargaan dari Ombudsman RI, peringkat pertama Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan nilai 98,15 pada opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.


Penilaian kepatuhan pelayanan publik dilaksanakan secara rutin mulai tahun 2015, namun di akhir tahun 2021 ini, kita melaksanakan secara luas yang melibatkan seluruh pemerintahan, baik kota, kabupaten, maupun provinsi, kementrian, lembaga, sehingga penilaian ini menjadi salah satu program prioritas nasional yang menjadi tugas Ombudsman, terutama pencegahan maladministrasi.

(adv)