Iklan

February 28, 2023, 03:24 WIB
Last Updated 2023-02-28T11:24:30Z
PemerintahanUtama

Penerbangan Langsung Manado - Jepang, Eksport Ikan Tuna Indonesia Timur Dipusatkan di Bandara Samratulangi


Jurnal Manado - Dengan adanya penerbangan langsung Jepang - Manado sangat membantu bukan saja di Sulawesi Utara namun Indonesia. 

"Dengan adanya penerbangan langsung Pak gubernur telah berjuang bukan saja membantu masyarakatnya tapi justru membantu Indonesia secara umum bahkan Jepang juga," terang Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, saat diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan Duta Besar Jepang, Kanasugi Kenji, Selasa (28/02/2023). 

Maka itu, pihak Jepang sangat merespon positif dan mendukung direct flight tersebut.


"Dubes merespon dengan baik direct flight Manado-Narita yang buat pemerintah Jepang sendiri surprise sekali. Ia menyambut baik dan mendukung karena ini juga membantu tugas beliau dari segi aspek, aspek politik, budaya,dan ekonomi,"ujar Kandouw. 


Kata Wagub, dalam pertemuan itu, Dubes Kanasugi Kenji juga mengapresiasi langkah Gubenur bahkan Kenji mengarahkan untuk eksport Ikan tuna di Indonesia Timur lewat manado. 


"Seperti dia (Kanasugi Kenji) cerita, dari Biak, harus singgah ke Makassar dulu, baru ke Surabaya dan lanjut ke Jepang. Maka itu ke manado. Maluku Utara juga Manado saja. Maluku juga bahkan dari Papua di Merauke ke Manado saja, karena costnya jauh lebih rendah,"jelas Wagub. Sembari dikatakan bahwa Kenji optomis pengusaha Jepang akan berinvestasi di manado. 

Turut hadir dalam pertemuan, Sekprov Sulut Steve Kepel, Kepala Inspektorat Mecky Onibala, Kadis Kominfo Sulut Steven Liow, Karo Umum Reiner Dondokambey.(man)